SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Borussia Dortmund pada semifinal leg pertama Liga Champions di Signal Iduna Park, Kamis (25/4/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SOLO – Hasil sama kuat 1-1 mengakhiri duel babak pertama antara Borussia Dortmund dan Real Madrid. Dortmund sempat unggul lebih dulu melalui Robert Lewandowski, namun Madrid mampu membalas lewat Cristiano Ronaldo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Duel lini tengah terjadi pada semifinal leg pertama antara Dortmund dan Madrid di Signal Iduna Park, markas Dortmund, Kamis (25/4/2013) dini hari WIB. Baik kubu Dortmund maupun Madrid, sama-sama mencoba menguasai lini tengah dengan sama-sama menerapkan formasi 4-2-3-1.

Dortmund mengandalkan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak tunggal, sementara Reus, Goetze dan B?aszczykowski menopangnya di lini kedua.

Di sisi lain, tim tamu pun menerapkan formasi yang serupa. Pelatih Madrid, Jose Mourinho, menempatkan Gonzalo Higuan sebagai penyerang tunggal, didorong kuartet Luka Modric, Mesut Ozil dan Cristiano Ronaldo.

Alhasil skema ini menyajikan pertarungan di lini tengah sejak peluit kick off dibunyikan.

Kendati demikian, Dortmund yang tampil dengan dukungan penuh pendukungnya plus kepercayaan diri tinggi pernah mengalahkan Madrid di kandangnya saat fase grup, beberapa bulan lalu, lebih beruntung.

Pertandingan baru berjalan lima menit, Dortmund sudah memberikan ancaman melalui Marco Reus. Namun, sepakan Reus ke sisi kiri gawang Madrid, masih mampu ditepis kiper Diego Lopez.

Selang tiga menit, upaya Dortmund menuai hasil. Skuat besutan Jurgen Klopp menciptakan keunggulan melalui Lewandowski. Gol bermula dari umpan crossing Goetze dari sisi kanan pertahanan Madrid yang mampu dicocor Lewandowski untuk menjebol gawang Lopez.

Tertinggal 0-1, Madrid mencoba bangkit. Namun, pertahanan Dortmund yang tampil disiplin sulit ditembus. Madrid sempat menciptakan peluang melalui tendangan bebas Ronaldo dari luar kotak pada menit ke-24. Namun, tendangan megabintang Madrid itu masih bisa dihalau kiper Dortmund, Weidenfeller.

Upaya Madrid mengejar ketertinggalan berbuah hasil di menit ke-42. Di awali kesalahan Matts Hummels yang mencoba melakukan backpass, bola  berhasil direbut Higuain untuk diteruskan kepada Ronaldo. CR7, julukan Ronaldo, yang sudah berdiri di depan gawang pun dengan mudah menjebol gawang Dortmund dan mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Gol CR7 itu menjadi gol terakhir pada babak pertama. Kedua tim bermain sama kuat. Namun, Madrid sedikit lebih unggul. Dilansir eufa.com, Madrid menguasai permainan dengan penguasaan bola 51% berbanding 49%.

Susunan Pemain

BORUSSIA DORTMUND

R Weidenfeller (Gk); M Hummels, Piszczek, N Suboti?, M Schmelzer, J B?aszczykowski, Bender,  Gündogan, M Reus, M Götze, Lewandowski

REAL MADRID

Diego López (Gk); Sergio Ramos, Pepe, Fábio Coentrão, Varane, Xabi Alonso, Modri?, Özil, Khedira, Cristiano Ronaldo, Higuaín

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya