SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

DORTMUND—Kemenangan telah Borrusia Dortmund atas Real Madrid, Kamis (25/4/2013) dini hari dalam leg pertama semifinal Liga Champions membalikkan kedidayaan dominasi tim-tim besar Spanyol.

Pelatih Real Madrid Jose Mourinho tak dapat memahami bagaimana bisa timnya yang kokoh itu membiarkan Robert Lewandowski mencetak empat gol dalam laga yang dimenangi Borussia Dortmund 4-1.  Tapi dia bersumpah bahwa timnya masih bisa mencapai final Liga Champions.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juara sembilan kali Liga Champions ini memikul sangat berat di pundaknya pada leg kedua Selasa pekan depan setelah Mourinho mengakui timnya kalah kelas dalam leg pertama semifinal melawan tim Jerman itu.

“Saya melihat sebuah tim yang lebih baik dari tim satunya lagi, secara mental maupun secara fisik. Tim yang lebih baik menang hari ini. Saya marah sekali karena gol-gol itu tercipta dari kesalahan kami,” kata Mourinho kepada wartawan seperti dikutip Reuters, Kamis dini hari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami bisa (membalikkan keadaan), ini tugas yang sangat sulit tapi kami bisa. Di malam gila di mana semua orang tampil pada tingkat tinggi. Tentu saja kami bisa,” katanya lagi.

Dia melanjutkan, “Saya tahu bahwa segalanya mungkin dalam sepakbola. Semuanya bisa terjadi pekan depan. Jika Anda tanya pemain-pemain saya apakah mereka bisa membalikkan permainan, beberapa akan menjawab tidak. Dalam sejam kemudian akan menjawab ya, dan besok semua orang akan bilang kami bisa melakukannya.”

Empat Gol

Di sisi lain, pelatih Dortmund Juergen Klopp menyebut Borussia Dortmund bukanlah favorit mencapai final Liga Champions kendati telah menghancurkan juara sembilan kali Liga Champions Real Madrid.

Klopp berusaha rendah hati dengan mengatakan tim underdog seperti Dortmund telah melakukan hal yang tak lebih dari memenangi laga pertama dari dua pertandingan. Hasilnya tergantung di Bernabeu Selasa pekan depan.

“Masalahnya adalah kami hanya memainkan dua perempat. Kami masih harus bermain untuk dua perempat lainnya,” kata Klopp yang timnya tak terkalahkan di musim ini.

“Saya senang pertandingan kami yang sangat baik ini namun saya tak merasa kami favorit. Jika kami kalah 3-0 maka kami keluar. Menyianyiakan hasil bagus itu konyol namun segalanya belum ditentukan.

‘Kami hanya merasa seperti semifinalis yang layak. Belum pasti dan kami tidak terlalu berpengalaman di tingkat ini,” kata Klopp.

Dortmund mencapai empat besar berkat dua gol di menit-menit akhir leg kedua perempatfinal melawan Malaga. Klopp mengatakan bahwa Dortmund, kendati kehilangan setidaknya satu pemain kunci per musim, tetaplah satu tim yag kompak yang menikmati bermain bersama.

Mario Goetze, yang mengkreasi gol pertama, musim depan akan meninggalkan Dortmund untuk bergabung dengan Bayern Munich Juli mendatang dalam kontrak yang membuat marah penggemar Dortmund ketika diumumkan Selasa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya