Tutup Iklan

Boros! Mercedes Butuh Rp68,9 Miliar untuk Pendaftaran F1 2019

Bukan rahasia jika Formula 1 (F1) adalah salah satu olahraga paling “boros” di jagat raya. Untuk satu set setir mobilnya saja, tim F1 harus mengeluarkan kocek sedikitnya Rp656 juta, angka yang lebih mahal dibanding mobil keluarga terlaris di Indonesia.

Boros! Mercedes Butuh Rp68,9 Miliar untuk Pendaftaran F1 2019

SOLOPOS.COM - Balapan Formula 1 (Reuters Hamad I Mohamed)

Solopos.com, SOLO – Bukan rahasia jika Formula 1 (F1) adalah salah satu olahraga paling “boros” di jagat raya. Untuk satu set setir mobilnya saja, tim F1 harus mengeluarkan kocek sedikitnya Rp656 juta, angka yang lebih mahal dibanding mobil keluarga terlaris di Indonesia.

Lantas berapa harga sebuah mesin di balapan jet darat? Jelas lebih mahal lagi. Autoweek merilis harga satu buah mesin F1 bisa mencapai Rp102 miliar, itu harga di musim 2015! Terlepas dari biaya pengembangan mobil, para pabrikan ternyata masih ditarik biaya pendaftaran yang bikin dahi berkernyit.

Musim ini FIA mengumumkan jumlah biaya pendaftaran tim F1 2019 yang dihitung berdasarkan raihan poin pada musim sebelumnya. Setiap tahunnya, biaya yang harus dibayar mengalami peningkatan sesuai Indeks Harga Konsumer di Amerika Serikat.

Dilansir Motorsport, Senin (21/1/2019), semua tim wajib membayar biaya awal sebesar US$546.133 (Rp7,7 miliar). Angka itu kemudian dikenai biaya tambahan yang jumlahnya berbeda-beda, tergantung pada hasil tim di musim sebelumnya. Juara dunia konstruktor, Mercedes, misalnya harus membayar US$ 6.553 (Rp93,3 juta) untuk setiap poin yang mereka rengkuh. Sedangkan tim lain hanya perlu membayar US$5.459 (Rp77,7 juta) per poin.

Ketika Mercedes tampil perkasa pada 2016, pabrikan asal Jerman itu dipungut biaya hingga US$ 5,25 (Rp70,8 miliar-kurs saat itu) untuk mendaftar pada musim berikutnya. Namun kebangkitan Ferrari dua musim terakhir rupanya memberi “berkah” bagi Mercedes. Ini karena mereka tak harus mengeluarkan kocek sebesar tahun-tahun sebelumnya. Musim ini skuat Woking “hanya” perlu membayar US$4.838.348 (Rp68,9 miliar) untuk pendaftaran tim.

Angka tersebut juga menjadi yang tertinggi dibanding tim lain. Dari rilis FIA, sebagian besar tim membayar biaya pendaftaran sedikit lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Pengecualian bagi Racing Point, Toro Rosso dan Williams. Biaya Toro Rosso dan Williams mengalami penurunan karena keduanya menempati dua posisi terbawah klasemen konstruktor. Sementara poin konstruktor Racing Point baru dihitung sejak GP Belgia, di mana mereka menggantikan Force India.

Berita Terkait

Berita Terkini

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.