SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MUNGKID — Taman Wisata Candi Borobudur menargetkan 401.703 wisatawan pada libur sekolah bersamaan dengan libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Angka tersebut naik sekitar 5% dari jumlah pengunjung liburan akhir tahun lalu.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (24/12/2018), mengatakan pihaknya menetapkan masa ramai pengunjung pada 22 Desember 2018 hingga 2019. “Target pengunjung pada masa ramai libur Natal dan Tahun Baru tersebut naik sekitar 5% dari jumlah pengunjung liburan akhir tahun 2017 sebanyak 376.439 wisatawan,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menuturkan guna menarik wisatawan berkunjung ke candi Buddha terbesar di dunia tersebut, Taman Wisata Candi Borobudur telah mempersiapkan bermacam wahana yang bakal menghibur pengunjung Borobudur. “Kami menampilkan aneka hiburan pada masa ramai pengunjung tersebut, antara lain ada Santa Claus dan kurcaci, cokekan, perkusi, kidung karmawibangga, wayang kulit, gending rohani, dan Opera van Jathilan,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain menggelar sejumlah kesenian tradisional, Taman Wisata Candi Borobudur juga membuat dekorasi di jalur utama menuju candi berupa laba-laba emas dalam ukuran besar. Putu menambahkan pula selain menampilkan beberapa atraksi tersebut, pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana tambahan di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, meliputi andong tilik desa, kereta kencana, mobil golf car, tayo, tunggang kuda, dan jemparingan.

“Sejumlah wahana tersebut akan memanjakan para wisatawan, selain menikmati keindahan candi yang menjadi tujuan utama para pengunjung, wahana tambahan tersebut bertujuan sebagai media untuk memperlambat dan memecahkan fokus pengunjung agar tidak terjadi penumpukan pengunjung di monumen utama yang mempunyai kapasitas terbatas,” katanya.

Ia menuturkan hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan Taman Wisata Candi Borobudur untuk ikut serta dalam memelihara situs cagar budaya candi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya