BOR Isolasi Belasan RS Solo Turun di Bawah 90%, RSUD Moewardi Bongkar 1 Tenda

Tingkat keterisian bed atau BOR ruang isolasi belasan RS rujukan Covid-19 Kota Solo awal pekan ini mulai turun rata-rata di bawah 90%.

 Tenda milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terpasang di halaman RSUD dr Moewardi, Solo, Minggu (20/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Tenda milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terpasang di halaman RSUD dr Moewardi, Solo, Minggu (20/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bed occupancy rate atau BOR ruang isolasi Covid-19 belasan rumah sakit atau RS Kota Solo berangsur turun di bawah 90%. Bahkan manajemen RSUD dr Moewardi Solo sudah membongkar salah satu tenda darurat di parkiran RS setempat, Kamis (29/7/2021).

Pembongkaran tenda itu menyusul turunnya jumlah pasien rujukan sejak awal pekan ini. Dari tiga tenda besar dan satu tenda kecil, tersisa dua tenda besar dan satu tenda kecil. “Belum dibongkar semua untuk berjaga-jaga. Tinggal dua tenda,” kata Direktur RSDM Solo, Cahyono Hadi, kepada Solopos.com, Kamis sore.

Cahyono mengatakan dari kapasitas total 635 tempat tidur di RSUD dr Moewardi, saat ini terisi 400-an bed. Jumlah itu termasuk tempat tidur ICU (intensive care unit). “Memang sudah berkurang lumayan banyak pasien yang dirawat di RSDM,” ucapnya.

Baca Juga: Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan per Kamis siang, BOR atau tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate isolasi RS turun di bawah 90%. Tepatnya 84% untuk bed isolasi biasa maupun ICU.

Total kapasitas tempat tidur 16 RS rujukan Covid-19 Solo baik lini pertama dan kedua mencapai 1.227 unit. Kendati BOR keduanya turun, BOR ICU masih cukup tinggi yakni hampir 91%. Sedangkan BOR isolasi 77,98%.

Tidak Bisa Dibilang Kasus Turun

“Jadi 84% itu untuk total BOR ICU maupun isolasi biasa. Turunnya BOR ini enggak bisa dibilang kasus sudah mulai turun. Faktanya tambahan kasus sejak awal pekan ini masih tiga digit, selalu di atas 200-an kasus,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis siang.

Baca Juga: Polresta Solo Bangun Pos di Depan Pasar Klewer, Ternyata Ini Tujuannya

Apabila data BOR isolasi itu diperinci tiap RS, sejumlah RS Solo justru mencatatkan BOR ICU 100% atau lebih dari 100%. Rumah sakit dengan BOR ICU 100%, yakni RS dr Oen Kandangsapi, RST Slamet Riyadi, RS Panti Waluyo, dan RSUD Bung Karno.

Sedangkan RS dengan BOR ICU di atas 100%, meliputi RS Islam Kustati 200% dan RS Hermina 137%. “BOR isolasi biasa di RS dr Oen malah 136%, lalu RST Slamet Riyadi 100% atau sudah penuh,” katanya.

Penurunan BOR itu salah satunya juga disebabkan karena pemerintah daerah mulai menyediakan gedung isolasi terpusat bagi pasien bergejala ringan. Sehingga, mereka yang dirawat di RS adalah yang sudah bergejala sedang hingga berat.

Data terbaru pada Kamis, kumulatif jumlah kasus positif corona Kota Solo mencapai 23.026 orang atau bertambah 236 orang dibanding hari sebelumnya. Perinciannya, 19.611 kasus sembuh, 2.270 isolasi mandiri, 258 rawat inap, dan 887 orang meninggal dunia.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Karanganyar Hari Ini: 21 Oktober 2013, Perampok Satroni Gudang Minyak

Delapan tahun lalu, kawanan perampok menyatroni sebuah gudang minyak goreng milik CV Vinoli Makmur di Jl Lawu 17 Karanganyar.

Polresta Solo Tangani 17 Aduan Korban Pinjol Ilegal, Kebanyakan Diteror

Polresta Solo menerima dan menangani sekitar 17 aduan dari korban pinjaman online atau pinjol ilegal yang kebanyakan merasa terganggu teror penagih utang.

Desa Banyurip Juga Punya Program Masak Lontong Pakai Tlethong, Mantap!

Di Desa Banyurip, Jenar, Sragen, warganya juga mengembangkan energi baru terbarukan yakni biogas. Sehingga mereka punya program masak lontong pakai tlethong.

Memanen Hujan dengan IPAH Jadi Cara Warga Banyurip Atasi Kekeringan

Tandon-tandon air hujan disiapkan di setiap rumah warga Dukuh Ploso Ombo, Desa Banyurip, Jenar, Sragen untuk memanen air hujan an mengolahkan.

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Berwisata, Wisatawan Naik Dua Kali Lipat

Pengelola berharap izin tersebut bisa mendongkrak jumlah pengunjung meski tetap harus menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas.

Adaptasi dan Mitigasi Iklim Antar Banyurip Jadi Kampung Proklim

Desa Banyurip, Kecamatan Jenar, Sragen menjadi satu-satunya desa di Sragen yang mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Prokilm) dari KLHK.

Jaringan Narkoba di Klaten Selatan Dibongkar, 5 Tersangka Diringkus

Kasus narkoba yang diungkap polisi dalam beberapa pekan terakhir didominasi jenis sabu-sabu.

Hanya Desa Ini di Sragen yang Punya Aturan Perlindungan Satwa

Hanya ada satu desa yang memiliki perhatian lebih pada perlindungan satwa liar hingga menerbitkan peraturan desa larangan berburu dan membunuh hewan liar.

Jawab Kritikan, KTNA Klaten Bangun Badan Usaha

Pengembangan badan usaha itu sekaligus menjawab kritikan yang selama ini disampaikan ke KTNA.

PPKM Level 2, Bupati Karanganyar Siap Sambut Lagi Mahasiswa KKN

Pemkab Karanganyar membuka pintu lebar-lebar bagi mahasiswa yang mau melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Bahkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, siap menyambut langsung mereka.

Sering Kecelakaan, Satlantas Polres Karanganyar Gelar Zikir dan Doa

Zikir dan doa bersama menjadi upaya batiniyah Satlantas Polres Karanganyar untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang belakangan kerap terjadi.

Pelaksanaan Ganjil Genap Tinggal Tunggu Lampu Hijau Bupati Karanganyar

Kajian penerapan ganjil genap pada akhir pekan di Tawangmangu dan Ngargoyoso sudah selesai. Keputusan penerapannya kini di tangan Bupati Karanganyar.

Ganjil Genap di Tawangmangu & Ngargoyoso Diusulkan Berlaku Sabtu-Minggu

Dishub Karanganyar telah melakukan kajian penerapan ganjil genap pelat nomor kendaraaan yang menuju kawasan wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso. Rencananya dibelakukan akhir pekan.

Siap-Siap, Polisi Solo Akan Blusukan ke Sekolah-Sekolah, Ini Tujuannya!

Polisi di Kota Solo bakal blusukan ke sekolah-sekolah guna memastikan protokol kesehatan berjalan baik.

5.680 Pedagang Karanganyar Terima BLT via Kodim

Kodim 727/Karanganyar mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 5.680 pedagang secara bertahap hingga 10 hari ke depan.