Bonsai kimeng seharga Rp750 juta di Pameran dan Kontes Bonsai 2019 di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Minggu (23/6/2019) pagi. (Solopos/ Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tanaman itu tingginya hanya sekitar setengah meter. Potnya berwarna hitam. Meski mungil, harga tanaman ini mungkin bikin orang mengernyitkan dahi.

Tak tanggung-tanggung, tanaman yang dipamerkan dalam Pameran dan Kontes Bonsai Nasional 2019 di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Minggu (23/6/2019), itu dihargai Rp750 juta. Angka yang cukup fantastis!

Dari ratusan bonsai berbagai ukuran yang dipamerkan dalam acara itu, bonsai seharga Rp750 juta itu langsung mencuri perhatian. Bonsai itu disebut dari jenis pohon kimeng yang bahasa latinnya Ficus microcarpa dari Taiwan.

Usianya saat ini ditaksir mencapai puluhan tahun. “Bonsai kimeng masuk kategori bonsai berusia tua dengan ukuran besar. Pohon ini diketahui banyak tumbuh di dataran tinggi dan diyakini berasal dari Cina dan Taiwan,” kata Eko Salyanto, salah satu pengunjung pameran asal Tawangsari, Sukoharjo, kepada Solopos.com.

Batang bonsai yang sudah besar itu, menurut dia, tidak diperoleh dalam waktu singkat. Kemudian dari segi akarnya jika dalam bahasa bonsai sudah menjadi pohon.

Proses itu tidak bisa singkat. Paling tidak butuh minimal waktu 35 sampai 45 tahun. “Semakin tua usia bonsai harganya semakin mahal. Yang membuat mahal juga karena ketuaannya, total perform, masalah dimensi, perspektif keseimbangan, dan semua unsur-unsur total secara estetika," kata Eko.

Bonsai kimeng berharga fantastis yang diketahui milik warga Kota Solo bernama Eko Sumarjono itu juga mencuri perhatian Wakil Bupati (Wabup) Sukoharjo Purwadi saat membuka pameran dan kontes bonsai tersebut.

Wabup tertarik dengan bonsai tersebut. “Sangat bagus sekali ini bonsainya. Pantas harganya cukup fantastis,” katanya.

Ketua Panitia Pameran dan Kontes Bonsai 2019 di Sukoharjo, Hanafi, mengatakan penilaian bonsai memiliki rumus tersendiri, mulai komposisi keserasian antara pot dan ranting, proposional dan lainnya.

Dalam pameran ini, harga bonsai dibanderol Rp1 jutaan sampai Rp750 juta. Terdapat 312 bonsai berbagai macam ditampilkan dalam pameran yang digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Sukoharjo. Pameran digelar sejak 19 Juni sampai 1 Juli mendatang.

”Kami sengaja menggelar pameran di Alun-alun Satya Negara. Tujuannya mengenalkan kepada masyarakat tentang tanaman bonsai,” katanya.

Selain itu pameran digelar sebagai ajang silaturahmi penghobi, petani, pembudidaya hingga kolektor bonsai di Kabupaten Makmur. Pameran ini juga diharapkan dapat menumbuhkan penggemar bonsai dan meramaikan perbonsaian di kancah nasional.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: