Tutup Iklan

Bongkar 13 Kasus Pinjol Ilegal Lintas Provinsi, 57 Orang Jadi Tersangka

Polisi sudah menetapkan 57 tersangka dari pengungkapan 13 kasus pinjol ilegal yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

 Kabareskrim Komjen Agus Andrianto pada konferensi pers soal pinjol ilegal. (Detikcom)

SOLOPOS.COM - Kabareskrim Komjen Agus Andrianto pada konferensi pers soal pinjol ilegal. (Detikcom)

Solopos.com, JAKARTA — Polisi sudah menetapkan 57 tersangka dari pengungkapan 13 kasus pinjaman online (pinjol) ilegal yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kabareskrim, Komjen Agus Andrianto, menyampaikan Polri terus berupaya memberantas pinjol ilegal sesuai instruksi Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi. Saat ini, kata Agus, polisi sudah mengungkap 13 kasus pinjol ilegal.

“Penanganan kasus pinjaman online ilegal yang dilaksanakan oleh jajaran Polri sesuai dengan instruksi Presiden melalui Bapak Kapolri. Kami sudah mengungkap 13 kasus dengan 57 tersangka. Tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Kabareskrim dalam konferensi pers seperti dilansir Detikcom, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga : Pemeran dan Pacar Video Mesum Lele 13 Detik Minta Maaf

Agus mengungkapkan 13 kasus pinjol ilegal itu tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, hingga Jawa Tengah. “Yang pertama kami mengungkap dari Bareskrim sendiri. Kemudian Polda Metro, Polda Jawa Barat, Polda Kalimantan Barat, dan Polda Jawa Tengah,” jelas dia.

Agus mengatakan polisi masih menganalisa kasus pinjol ilegal. Analisa berkaitan dengan aturan apa yang bisa digunakan untuk menindak pelaku usaha pinjol ilegal. “Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Menko Polhukam tadi. Bahwa pinjaman online ilegal ini secara objektif dan subjektif tidak memenuhi unsur keperdataan. Artinya tindakan-tindakan mereka adalah tindakan-tindakan ilegal sehingga perlu kami lakukan penindakan,” tutur Agus.

Baca Juga : Waduh! Polantas yang Pacaran Pakai Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Lebih lanjut, Agus menyampaikan Polri siap memberikan pengamanan kepada korban pinjol ilegal. Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, lanjut dia, sudah memerintahkan seluruh jajaran memberikan respons cepat terkait aduan pinjol ilegal.

Agus juga meminta masyarakat untuk tak ragu melapor jika menjadi korban pinjol ilegal. “Pak Kapolri sudah menerbitkan telegram kepada seluruh polda agar memberikan respons cepat terhadap keluhan masyarakat. Apabila ada tindakan-tindakan yang dirasakan mengganggu masyarakat secara psikis maupun fisik yang kebetulan menjadi korban pinjaman. Jadi mohon kepada masyarakat untuk berani melapor.”


Berita Terkait

Berita Terkini

Novel Baswedan Kembali ke Polri Tapi Bukan sebagai Polisi

Sebelum bergabung sebagai penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak tahun 2007, ia adalah anggota Polri dari tahun 1999 hingga 2014.

Cegah Covid-19 Omicron, Presiden Minta Vaksinasi Digenjot

Presiden Jokowi meminta vaksinasi Covid-19 terus digenjot untuk mencegah penularan varian Omicron.

Novel Baswedan dan 43 Eks Pegawai KPK Bergabung ke Polri

Semua eks pegawai KPK yang diberhentikan bersepakat bahwa opsi ASN Polri merupakan salah satu cara berjuang

Belum Terdeteksi, Omicron Belum Tentu Tak Ada di Indonesia

Belum terdeteksinya varian Omicron di Indonesia bukan tolok ukur bila varian ini tidak ada di Tanah Air.

Bertambah, 4 Mahasiswi Unsri Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual Dosen

Korban kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) bertambah menjadi 4 orang.

Hiii... Pendaki Gunung Salak Berubah Jadi Pocong

Kisah misteri kali ini tentang seorang pendaki Gunung Salak yang berubah menjadi pocong akibat pesugihan.

Kokoh! Ini Satu-Satunya Rumah Selamat saat Erupsi Gunung Semeru

Penampakan satu-satunya rumah yang masih berdiri kokoh seusai diterjang awan panas erupsi Gunung Semeru viral di media sosial.

PPKM Level 3 Batal, Ini Tanggapan Pakar Epidemiologi

Pakar epidemiologi asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, memberikan tanggapan atas keputusan pemerintah yang batal menerapkan PPKM Level 3 secara nasional.

+ PLUS Pesan Emansipasi "Yuni" Ditayangkan di Bioskop Mulai 9 Desember 2021

Yuni berlatar di Indonesia, tetapi film ini juga beresonansi dengan penonton di luar Indonesia karena mengangkat isu yang universal dan terjadi di belahan dunia lain, yaitu emansipasi perempuan.

Ketakutan Ditangkap Polisi, Bandar Narkoba Ini Eek di Celana

Seorang bandar narkoba eek di celana akibat ketakutan saat ditangkap polisi.

Buntut Anggota TNI Diduga Pukul Polwan, 3 Orang Diproses Hukum Militer

Anggota TNI yang diduga memukul seorang wanita polisi akrab disapa Polwan Polda Kalteng, Bripda Tazkia Nabila Supriadi, akan diproses menggunakan hukum militer.

Jadi Simpanan Pangeran Arab Saudi, Wanita Ini Dijatah Rp57 Juta/Hari

Wanita cantik dan seksi ini disebut-sebut sebagai simpanan pangeran Arab Saudi yang dapat jatah jajan Rp57 juta per hari.

Ramalan Jayabaya: Jawa Berkalung Besi

Ramalan Prabu Jayabaya dari Kerajaan Kediri sampai saat ini masih dipercaya sebagai mitos oleh sebagian orang Jawa.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Xpora Bikin Perluas Pasar Ekspor UMKM

Produk Xpora BNI membuat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mampu memperluas pasar ekspor.

Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada

Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru memengaruhi aktivitas gunung berapi lain di Indonesia, di mana tiga berstatus Siaga dan 11 lainnya Waspada.