SOLOPOS.COM - Kombes Pol Rikwanto (detik)

Kombes Pol Rikwanto (detik)

JAKARTA–Bukan hanya buku panduan membuat bom yang ditemukan di kamar Muhammad Thorik di Tambora, Jakbar. Sejumlah buku jihad dan buku meracik racun juga ditemukan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ditemukan lembaran berisi cara-cara pembuatan bom dan petunjuk cara buat racun bubur California, buku jihad,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Rikwanto melanjutkan Iyot, sang ibu Thorik pernah bertanya kepada Thorik, untuk apa benda-benda dan buku seperti itu. Thorik menjawab barang-barang itu akan dibawa ke Ambon.

“Keterangan ibunya pernah ditanya itu buat apa, ini buat dibawa ke Ambon. Dalam kesehariannya Thorik kerja serabutan, tapi dari info warga sekitar Thorik jadi tukang pulsa dan servis HP. Mungkin dengan servis HP ini dia bisa melakukan perakitan sirkuit bom,” tuturnya.

Lembaran kertas yang ditemukan Densus itu seperti lembar foto copy. Selain itu Densus juga menemukan sejumlah benda bahan peledak di rumah Thorik.

“Memang yang kita temukan seperti belerang, black powder, baterai, kabel, alumunium, potasium. Ini merupakan unsur pembuat bom, apalagi ditemukan unsur peledak seperti paku dan paralon yang sudah jadi,” terang Rikwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya