SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Polisi menemukan sepucuk surat wasiat yang ditulis terduga tersangka teroris Muhammad Toriq di lokasi ledakan bom di Depok, Jawa Barat. Surat itu berisi permintaan Toriq agar istri, anak, dan ibunya ikhlas ia melakukan teror bom.

“Benar memang ada surat wasiat yang pihak kami sita di lokasi ledakan di Depok. Surat itu merupakan tulisan tangan langsung dari Muhammad Toriq,” kata Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafly Amar di Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/9).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Boy, surat wasiat yang dibuat M Toriq, bertujuan untuk meminta kerelaan kepada istri, anak, dan ibunya terkait rencana teror yang akan dilakukannya itu. Namun sebelum rencana itu ia lakukan, bom rakitan yang dia buat didalam kamarnya, terburu terbakar. “Tujuannya ingin masuk surga melalui ridho dari anak istri dan ibunya,” tegas Boy.

Terkait kabar yang menyatakan M Toriq melarikan diri, saat terjadi ledakan bom di yayasan Yatim Piatu pondok Bidara, Beji, Depok, Sabtu (8/9) malam, Boy membenarkan bahwa Toriq memang berada di sana dan berhasil melarikan diri saat bom rakitan tersebut meledak.

Boy juga mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan M Toriq oleh penyidik, yang bersangkutan juga berencana melancarkan teror di sejumlah kantor kepolisian pada Senin ini.

“Dari hasil proses, bom bunuh diri itu untuk dilakukan hari ini. Aksi-aksi teror itu ditujukan untuk kepolisian. Mako Brimob, Pos Polisi Salemba, kantor Densus 88 dan komunitas Buddha. Dia memilih komunitas Budha terkait adanya kasus Rohingya di Miyanmar,” ungkap Boy.

M Toriq akhirnya menyerahkan diri ke pos polisi di jembatan lima, pada Minggu (9/9) malam Sekitar pukul 17.00 WIB. Nama M Toriq sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror Mabes Polri lantaran diduga sebagai pemilik sejumlah bahan peledak yang sempat terbakar di rumahnya, namun berhasil dipadamkan warga sekitarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya