SOLOPOS.COM - Ilustrasi bom. (JIBI/Dok)

Ilustrasi

KABUL–Seorang pembom bunuh diri menewaskan sedikitnya 32 orang dan 34 lainnya terluka ketika ia menyerang di dalam masjid di kota Maymana, Afghanistan utara, selama shalat Idul Adha Jumat, kata para pejabat.

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

Penyerang mengenakan seragam polisi ketika ia meledakkan dirinya di Masjid Eid Gah yang ramai di ibu kota Provinsi Faryab, kata Wakil Gubernur Abdul Satar Barez kepada AFP.

“Sebagai akibat dari ledakan, 32 orang tewas, terdiri 17 warga sipil dan 15 polisi serta agen intelijen. Kepala Kepolisian Provinsi Farjah, Abdul Khaliq Aqsai adalah salah satu korban luka,” katanya.

Sebagian besar pejabat pemerintah provinsi juga berada di masjid, yang penuh sesak pada hari pertama liburan empat hari untuk merayakan Idul Adha.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab, namun pemboman bunuh diri adalah senjata favorit kelompok Taliban yang berusaha menggulingkan pemerintahan Presiden Hamid Karzai yang didukung Barat.

Afghanistan utara yang relatif damai, dengan Taliban, yang digulingkan dari kekuasaan dalam invasi pimpinan AS pada 2001, mengonsentrasikan operasi mereka di bagian selatan dan timur negara itu.

Tetapi mereka baru-baru ini meningkatkan kegiatan mereka di utara, meskipun di sana telah dikerahkan lebih dari 100.000 tentara NATO di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya