SOLOPOS.COM - Penjinakkan bom (AFP)

Penjinakkan bom (AFP)

JAKARTA–Bom sisa Perang Dunia II ditemukan di dekat stasiun kereta api utama Berlin, Jerman, Rabu (3/3/2013). Bom seberat 100 kilogram (Kg) itu berhasil dijinakkan oleh tim penjinak bom Jerman usai proses yang menegangkan selama satu setengah jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir AFP, Kamis (4/3/2013), bom tersebut ditemukan 1,5 kilometer utara stasiun. Operator perusahaan kereta Deutsche Bahn menyatakan 50 jadwal perjalanan kereta api menjadi dialihkan selama satu jam gara-gara peristiwa itu.

Penduduk disekitar ditemukannya bom harus dievakuasi. Bahkan, kapal yang berada di kanal terdekat juga dihentikan. Pengamanan ketat ini dilakukan guna menjamin keamanan masyarakat sekitar

Kepolisian setempat menyatakan, bom tersebut adalah buatan Uni Sovyet. Otoritas setempat memperkirakan ada 3.000 bom masih bersarang di bawah permukaan kota Berlin. Setidaknya, kini satu bom sudah berhasil diatasi.

“Semua berjalan lancar sesuai rencana,” kata juru bicara tim penjinak bom.

Keberhasilan penjinakkan bom itu melegakan publik Jerman. Pasalnya, bom 500 Kg peninggalan Tentara Sekutu pernah meledak lantaran gagal dijinakkan pada Juni 2010. Tiga petugas penjinak bom tewas akibat peristiwa yang terjadi di tengah kota Gttingen kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya