SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Usain Bolt. (JIBI/SOLOPOS/REUTERS)

KINGSTON—Pemegang enam medali emas olimpiade, Usain Bolt tak berharap mendapatkan wild card untuk tampil di lari nomor 100 meter putra pada kejuaraan dunia di Moskow, tahun depan. Meskipun, secara aturan dari asosiasi federasi atletik dunia (IAAF), Bolt layak mendapatkannya.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Sesuai aturan IAAF, Bolt sebagai juara di nomor 100 meter pada kejuaraan Diamond League memang diberi hak untuk memperoleh wild card. Hal ini akan membuatnya tampil di kejuaraan dunia tanpa harus melalui babak kualifikasi atau seleksi nasional (Seleknas).

Kendati demikian, rekan senegaranya, Yohan Blake juga berhak mendapat wild card karena statusnya sebagai pemegang juara pada kejuaraan dunia edisi 2012.

Dengan adanya dua pelari Jamaika yang menyandang status juara, IAAF tak bisa memberikan keduanya jatah wild card. Sesuai dengan aturan, IAAF hanya memberikan satu wild card pada tiap-tiap negara.

Meski demikian, Bolt tak risau akan hal ini. Ia tetap akan berusaha tampil meski harus melalui jalur uji coba atau Seleknas.

“Saya rasa Blake harus menerima haknya untuk berkompetisi di nomor 100 meter karena telah memenangi kejuaraan dunia terakhir,” ujar peraih tiga medali emas di London 2012 dilansir Eurosport, Rabu (12/9/2012).

“Saya akan selalu turun pada nomor 100 meter pada uji coba [Seleknas] kejuaraan dunia di Jamaika, musim panas mendatang,” imbuhnya.

Namun tak hanya di nomor 100 meter, Bolt terancam tak mendapatkan wild card. Pada nomor 200 meter, Bolt juga bakal kehilangan jatahnya setelah ada dua nominasi yang berhak mendapat wild card dari Jamaika.

Selain, Bolt, pemenang nomor 200 meter di Diamond League, Nickel Ashmeade, juga berhak mengikuti kejuaraan dunia tanpa melalui Seleknas. Terkait hal ini, Bolt memberikan keputusan sepenuhnya pada asosiasi olahraga atletik Jamaika (JAAA).

“Biarkan JAAA yang memutuskan. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan menentukan siapa yang berhak mendapat wild card,” tutur Bolt.

Tahun lalu, saat tampil pada Seleknas untuk Olimpiade 2012, Bolt dikalahkan Blake, baik di nomor 100 meter maupun 200 meter. Namun, setelah menjalani pemulihan, Bolt kembali tampil enerjik dan merebut dua medali emas di nomor 100 meter dan 200 meter serta memecahkan rekor dunia di nomor lari estafet 4×100 meter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya