SOLOPOS.COM - Tendangan Radja Nainggolan membawa AS Roma ungguli Bologna. Ist/Detiksport

Solopos.com, BOLOGNA — AS Roma memetik angka penuh dalam lawatan ke Bologna di lanjutan Serie A. Radja Nainggolan menjadi satu-satunya pencetak gol dalam laga ini.

Bermain di Stadio Renato Dall’Ara, Minggu (23/2/2014) dinihari WIB, Roma harus menunggu hingga menit ke-37 untuk mencetak gol lewat sontekan Nainggolan. Pemain berdarah batak ini mencocor bola umpan silang Miralem Pjanic.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Secara keseluruhan tak ada banyak peluang bagus di laga ini. Meski mendominasi laga dengan 61% berbanding 39%, Roma hanya mencatatkan dua tendangan on target dari 17 upaya. Sementara tuan rumah melepaskan 12 tembakan dan hanya satu mengarah ke gawang.

Kemenangan ini tak mengubah posisi Roma di klasemen Serie A. Mengemas nilai 57 dari 24 laga, Roma di tangga kedua dan berjarak enam poin dari Juventus di puncak klasemen, dengan catatan Juve akan memainkan laga ke-25 kontra Torino, Senin (24/2/2014) dinihari WIB.

Anak-anak asuh Rudi Garcia kini unggul tujuh angka dari Napoli di posisi ketiga, namun Partenopei juga masih akan bermain seperti Juve. Sementara itu, Bologna beresiko turun ke zona degradasi. Menempati posisi 16, mereka berpeluang dilewati tiga tim di bawahnya sekaligus yang belum bermain.

Meski mengawali laga dengan dominan, Roma seperti dilansir detikpsort justru lebih dulu mendapatkan ancaman. Umpan panjang Lazaros Christodoulopoulos diterima Rolando Bianchi yang lolos dari jebakan offside.

Bianchi lantas mencoba melambungkan bola melampaui Morgan De Sanctis, namun berhasil dinetralkan. Bola masih berada dalam jangkauan tangan sang kiper.

Gawang I Lupi alias Srigala, julukan Roma kembali terancam pada menit ke-14, kali ini lewat kesalahan pemain. Bermaksud membuang bola, sepakan Destro justru mengarah ke gawang sendiri. Beruntung baginya, De Sanctis sigap menangkap.

Roma nyaris mendapatkan keunggulan pada menit ke-18. Sodoran Gervinho disambut tendangan melengkung dari Destro, yang tak mampu dijangkau Gianluca Curci. Namun tiang gawang mementahkan bola keluar lapangan.

Tekanan Roma berlanjut pada menit ke-25. Sepakan Alessandro Florenzi meneruskan umpan Destro hanya melambung tipis di atas mistar.

Gol! Roma mendapatkan keunggulan pada menit ke-37. Umpan silang Miralem Pjanic sukses dicocor Nainggolan masuk ke gawang. Roma pun menutup babak pertama dengan skor 1-0 atas tuan rumah.

Di babak kedua tepatnya pada menit ke-66, gawang Roma mendapatkan tekanan. Umpan Christodoulopoulos dari sepak pojok berhasil ditanduk Cesare Natali, beruntung bagi Roma upayanya hanya melambung.

Giliran Andrea Mantovani menebar bahaya untuk De Sanctis pada menit ke-73. Sundulannya memanfaatkan umpan Panagiotis Kone kali ini hanya melenceng tipis ke kanan.

Roma merespons di menit ke-75. Sepakan keras Rodrigo Taddei meneruskan umpan Adem Ljajic mengarah ke gawang, namun ditepis oleh Curci.

Lima menit kemudian giliran Kevin Strootman yang mendapatkan kesempatan. Tapi tendangan jarak jauhnya masih melambung di atas mistar.

Demikian juga sepakan Nainggolan di menit ke-88 yang tak menemui sasaran. Upayanya melesat ke kiri gawang. Hingga laga usai tak ada lagi gol tercipta. (JIBI/Solopos)

Susunan pemain:

Bologna: Curci; Antonsson, Natali (Moscardelli 78′), Cherubin (Mantovani 62′); Garics (Ibson 57′), Kone, Krhin, Christodoulopoulos, Morleo; Bianchi, Cristaldo.

Roma: De Sanctis, Taddei, Benatia, Castan, Romagnoli; Pjanic (Strootman 61′), De Rossi, Nainggolan; Florenzi (Ljajic 53′), Destro (Bastos 74′), Gervinho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya