BOLLYWOOD : Shah Rukh Khan Terima Gelar Doktor Honoris Causa
Shah Rukh Khan menerima gelar doktor honoris causa (indiatvnews com)

Aktor Bollywood, Shah Rukh Khan menerima gelar doktor honoris causa.

Solopos.com, URDU  – Aktor Bollywood ternama, Shah Rukh Khan mendapat gelar doktor honoris causa dari Maulana Azad National Urdu University, Urdu, India, Senin (26/12/2016). Gelar tersebut diberikan karena ia dianggap berjasa, mempromosikan bahasa dan budaya Urdu melalui berbagai karyanya.

Dikabarkan Times of India, Selasa (27/12/2016), Shah Rukh Khan mengaku penghargaan itu terasa amat spesial baginya. Pasalnya, ia menerima gelar tersebut di kota kelahiran ibunya. Kebahagiaannya kian bertambah lantaran upacara penganugerahan itu dihadiri oleh Presiden India, Pranab Mukhrejee yang sekaligus memberikan gelar kehormatan kepadanya.

Seusai menerima gelar tersebut, Shah Rukh Khan pun mengungkapkan kebahagiaannya lewat sebuah pidato singkat. "Saya merasa amat senang dan bangga mendapat penghargaan ini. Saya merasa senang melihat orang-orang belajar. Tak ada yang lebih penting daripada pendidikan," ungkapnya seperti dikabarkan Indian Express.

Dalam pidato tersebut, Shah Rukh Khan turut mengucapkan terima kasih kepada sang ayah yang telah mendidiknya dengan penuh kasih sayang. "Ayah saya adalah seseorang yang berpendidikan tinggi. Sayangnya, hidupnya sangat miskin. Ia tak pernah mendapat pekerjaan apapun. Semua usaha yang dirintisnya selalu gagal," tuturnya.

Meski hidup serba kekurangan, Shah Rukh Khan mengaku hidupnya di masa kecil membahagiakan. "Meskipun miskin, ayah selalu mencurahkan segenap kasih sayang dan perhatiannya kepada saya. Saya ingat ia pernah memberikan papan catur usangnya sebagai hadiah saat saya berulang tahun. Ia tak hanya mengajarkan cara memainkannya, tapi juga memberi pelajaran kehidupan lewat permainan tersebut," lanjut pria berjuluk King Khan tersebut.

Sampai saat ini, Shah Rukh Khan mengaku masih mengingat jelas pelajaran berharga dari sang ayah yang diperolehnya dari bermain catur.

"Ayah mengatakan kepada saya banyak hal yang bisa dipelajari tentang kehidupan melalui catur. Hal pertama adalah tentang menjalin kerja sama tim yang baik. Kemudian, kita harus menentukan arah yang tepat sebelum melangkah. Selanjutnya, kita harus menghormati semua orang termasuk dari kalangan bawah yang dilambangkan dengan pion dalam permainan catur. Terakhir, kadang kita harus mengorbankan hal-hal yang sangat dicintai untuk memperoleh kesuksesan," pungkas SRK.

Shah Rukh Khan mengatakan semua pelajaran kehidupan yang diajarkan oleh sang ayah membuatnya menjadi sosok pria sukses seperti saat ini. Salah satu wujud kesuksesan itu dibuktikan dengan memperoleh gelar doktor honoris causa dari Maulana Azad National Urdu University.

Sebenarnya, gelar kehormatan itu bukan kali pertama yang diperoleh Shah Rukh Khan. Sebelumnya, ia telah memperoleh gelar yang sama dari Universitas Edinburgh, Inggris pada 2015, silam. Ia juga menerima gelar doktor kehormatan di bidang seni dan budaya dari Edfordshire University, Inggris. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom