Bolehkah Ganti Ban Mobil Beda Merek Saat Darurat

Karena mendesak akhirnya beli ban baru beda merek. Lantas apakah boleh ganti ban beda merk, adakah pengaruhnya.

 Ilustrasi ganti ban yang rusak. (Carsworld)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ganti ban yang rusak. (Carsworld)

Solopos.com, SOLO — Perjalanan menggunakan kendaraan bermotor memang tidak selamanya lancar, gangguan bisa saja muncul setiap saat. Salah satunya ban mobil jebol atau rusak.

Bisa karena menerjang lubang atau memang karena pemakaian yang berlebihan. Apabila mungkin ganti ban jika masih ada ban cadangan yang bisa digunakan.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Namun apabila ban cadangan tidak bawa, mau tak mau harus membeli ban baru sebagai pengganti ban yang rusak tersebut.

Hanya saja tak selamanya menemukan ban pengganti yang mereknya sama. Hal ini bisa terjadi karena saat mengalami gangguan berada jauh dari jalan raya.

Karena mendesak akhirnya beli ban baru beda merek. Lantas apakah boleh ganti ban beda merk, adakah pengaruhnya.

Baca juga: Cek Daftar Kendaraan yang Wajib Uji Emisi, Agar Tidak Kena Tilang

Ganti ban beda merek menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal seperti dikutip dari Otodriver.com, menyarankan sebaiknya satu merek.

“Sebaik-baiknya memang yang satu merek terutama jika yang diganti hanya satu ban saja Tapi jika adanya ban yang beda merek masih diperbolehkan,” tutur Zulpata Zainal.

Kendati masih diperbolehkan ganti ban tidak satu merek, namun menurut Zulpata akan ada beberapa konsekuensi yang bakal dihadapi.

“Kendati memiliki ukuran yang sama, namun dipastikan bahwa ban tersebut punya kemampuan yang beda dengan ban lainnya,” jelas pria yang akrab disapa Pak Zul ini.

Baca juga: Mobil Presiden Soekarno, dari Rampasan Jepang Hingga Hadiah Rusia

Menurut Zulpata, idealnya ganti ban sekaligus dua dan keduanya ditempatkan pada satu posisi yang sama semisal depan atau belakang saja. Supaya berimbang.

“Tapi kalo hanya satu ban saja yang diganti, maka harus dipasangkan sebagai ban belakang, karena tidak berpengaruh pada kestabilan kemudi,” sarannya.

Jika memungkinkan disarankan segera mengganti ban beda merek tersebut dengan ban yang satu merek demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Lewat lagunya berjudul Kanjuruhan, Iwan Fals menunjukkan konsistensinya sebagai musisi yang menyuarakan kegelisahan hati masyarakat di balik Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sekitar 130 orang. Kritik sosial tercermin dari setiap lirik lagunya yang terasa getir dan menyayat hati.

      Berita Terkini

      Daihatsu Awesomeverse Meriahkan GIIAS 2022 di Medan

      Daihatsu hadir meramaikan GIIAS 2022 di Kota Medan.

      Bersiap Mengaspal Lagi di Indonesia, Citroën Siagakan Tiga Mobil

      Citroën, produsen otomotif asal Prancis yang sempat bersinar di Indonesia pada era 1960 sampai 1990-an, mulai terjun kembali ke pasar otomotif Indonesia dengan memboyong tiga mobil andalanya.  

      Daftar Lengkap Harga Terbaru BBM Pertamina: Pertalite, Pertamax, Bio Solar, Dex

      Berkut daftar lengkap terbaru harga bahan bakar minyak (BBM) yang berasal dari produksi Pertaminia, mulai Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Bio Solar, Dex, dan Dexlite.

      Mobil Modifikasi Asal Indonesia Punya Pasar Besar di Luar Negeri

      Pemerintah juga akan terus mendorong nilai tambah dari industri otomotif, termasuk usaha modifikasi mobil atau kendaraan.

      Daihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

      Daihatsu Rocky adalah mobil dengan harga Rp200 jutaan yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp99.000.

      Daihatsu Rocky, Sahabat Eksis dengan Fitur Keselamatan Canggih

      Selain itu, yang istimewa pada Daihatsu Rocky adalah teknologi keselamatan yang terdapat khusus pada varian ASA.

      Daimler Masih Siap Boyong Prototipe Bus Listrik

      Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) sebagai perusahaan distribusi kendaraan komersial Mercedes-Benz berencana untuk memboyong prototipe unit bus listriknya ke Indonesia pada kuartal I/2023 mendatang. 

      Daihatsu Beberkan Tips Aman Kendarai Mobil di Jalanan Naik-Turun

      Melintasi jalan naik-turun yang harus diperhatikan adalah kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan.

      Cara Naik KRL Commuterline Solo-Jogja Tanpa Kartu, Bayar Pakai GoPay & LinkAja

      Berikut ini terdapat cara naik KRl Commuterline Solo-Jogja tanpa menggunakan kartu KMT maupun e-money, tapi bayar dengan GoPay atau LinkAja.

      Biaya Isi Bensin Full Tank Mobil Avanza dengan BBM Jenis Pertalite dan Pertamax

      Segini biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi bensin full tank BBM jenis Pertalite atau Pertamax untuk mobil Avanza.

      Tarif Tiket KA Bandara Solo Terbaru, Lengkap dengan Jadwalnya

      Berikut ini terdapat tarif tiket dan jadwal perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS) dari Stasiun Solo Balapan.

      Tempuh 120 Km, 35 Bikers Uji Ketangguhan Honda ADV 160 Libas Aneka Medan Jalan

      Para bikers yang telah memiliki skutik penjelajah New Honda ADV 160 mengaku bahwa DNA Explorer Touring pada motor New Honda ADV 160 ini sangat terasa.

      Jelang G20, Hyundai Siapkan 400 Mobil Listrik bagi Kepala Negara

      Mobil listrik bakal menjadi kendaraan utama para delegasi G20 di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung November 2022 di Pulau Bali. 

      Dukung Pertemuan Menteri G20 di Bali, Astra Siapkan 90 Unit Kendaraan Listrik

      Astra berkomitmen menyukseskan kelancaran pertemuan ketiga TIIWG serta Pertemuan Tingkat Menteri Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali pada Senin-Jumat (19-23/9/2022).

      Hindari Modifikasi Bagian Ini, Agar Garansi Motor Tak Hangus

      Hobi modifikasi motor saat ini lazim dilakukan oleh sejumlah pemilik kendaraan. Namun sebaiknya hindari modifikasi yang membuat garansi hangus.

      Nasmoco Hadirkan Kendaraan Elektrifikasi hingga Kemudahan Pembelian Toyota

      Nasmoco menghadirkan Toyota C+Pod (Full Battery Electric Vehicle), Toyota Prius HEV dan Toyota New C-HR HEV dalam pameran “Nasmoco Toyota Electric Vehicle Auto Show” di Atrium Mal Paragon, Semarang Rabu-Minggu(21-25/9/2022).