Boleh Tidaknya SMAN 2 dan SMKN 2 Wonogiri Gelar Pembelajaran Tatap Muka Diputuskan Hari Ini
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, WONOGIRI — Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri mendukung pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri, bulan ini.

Namun, Satuan Tugas atau Satgas akan memutuskan memberi atau tidak memberi rekomendasi, Rabu (4/11/2020) ini.

Dukungan dikemukakan Satgas saat mengecek kesiapan kedua sekolah bersangkutan, Selasa (3/11/2020). Ketua Satgas Wonogiri yang juga Plt. Bupati, Edy Santosa, menyampaikan pada prinsipnya Satgas dan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab tidak akan mempersulit SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri untuk mendapatkan rekomendasi. Bahkan, Satgas dan Pemkab mendukung pelaksanaan uji coba PTM.

Ada yang Nekat Buka, Pengelola Wisata Wonogiri Semestinya Taat Aturan Pemkab

Menurut dia, Satgas yang terdiri atas Pemkab, Polres Wonogiri, dan Kodim Wonogiri memberi respons positif atas rencana tersebut. Terlebih, setelah tim mengecek kesiapan sekolah dalam menggelar uji coba PTM.

Wakil Bupati itu menilai persiapan sekolah cukup baik. Masing-masing sekolah sudah membuat standar operasional prosedur atau SOP, memiliki sarana pendukung yang dibutuhkan, dan lainnya. Ada hal-hal yang perlu dilengkapi agar pelaksanaan uji coba PTM berjalan lancar. Dia meminta sekolah menindaklanjuti masukan-masukan Satgas.

“Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri terus bertambah. Bahkan, ada yang meninggal dunia. Risiko penularan Covid-19 di Wonogiri pun kini menjadi zona oranye dari sebelumnya kuning. Tapi itu tak membuat pelaksanaan uji coba PTM enggak jadi,” kata Edy.

Kisah Makeup Artist Asal Wonogiri Jadi Penyintas Covid-19

Meski mendukung, Edy akan memutuskan memberi atau tak memberi rekomendasi melalui rapat Satgas yang direncanakan digelar, Rabu ini. Masing-masing unsur Satgas akan memberi pertimbangan yang mendasarkan pada hasil pengecekan di kedua sekolah dan perkembangan persebaran Covid-19 terbaru.

Duduk di Kursi yang Sama

Espos mencatat ada beberapa hal yang menurut Satgas perlu ditindaklanjuti sekolah. Hal itu seperti jendela dan pintu kelas harus dibuka, penyejuk udara dimatikan, siswa harus dipastikan pulang ke rumah, dan mendorong siswa meminimalisasi menyentuh sesuatu. Pihak sekolah menyatakan siap memenuhinya.

Masing-masing sekolah akan menerapkan aturan teknis, seperti mengharuskan siswa duduk di kursi yang sama selama uji coba PTM dilaksanakan dua pekan dan meminta siswa yang pulang sekolah melapor dengan cara mengirim foto bersama keluarga untuk menunjukkan sudah berada di rumah. Selain itu sekolah mendata jarak rumah siswa ke sekolah, sehingga jika dalam waktu tertentu belum melapor guru akan menghubungi siswa/keluarga dan penerapan protokol kesehatan standar lainnya.

Jelang Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Wonogiri, Sejumlah Guru & Siswa Emoh Dites Swab

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Jawa Tengah, Suratno, menilai SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri sudah mempersiapkan uji coba PTM dengan baik. Dia mengapresiasi Satgas yang telah memberi dukungan. Dia menegaskan sekolah siap melaksanakan uji coba PTM jika Satgas memberi rekomendasi.

“Penunjukan SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri dilakukan dengan pertimbangan matang. Pihak kedua sekolah sebelumnya sampai beberapa kali mempresentasikan persiapan kepada kami. Sampai akhirnya sekolah harus melalui tahap meminta rekomendasi Satgas,” ujar Suratno.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom