SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO —Narasi damai terus disuarakan sejumlah kalangan demi menurunkan tensi politik yang meninggi jelang Pemilu serentak 17 April mendatang. Melalui berbagai media, mereka bekerja mendamaikan Indonesia. Seperti yang dilakukan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo awal pekan ini.

Mereka memajang 70-an ilustrasi poster berisi ajakan Pemilu damai di gang Kampung Demokrasi, Dukuhan, Nayu, RT 02/03, Kadipiro, Solo. Deretan karya yang berisikan narasi positif ditempel pada dinding rumah warga dan tembok pinggir jalan. Ada yang disampaikan lewat simbol-simbol perdamaian. Namun tak sedikit yang diungkapkan langsung lewat kata-kata seperti Rukun Agawe Santosa, Stop Ujaran Kebencian, Beda Suara Satu Indonesia, dan Beda Pilihan Tetap Berkawan.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Deretan ilustrasi pesan damai itu sengaja dipajang di pinggir jalan agar dilihat warga sekitar. Harapannya, mereka yang melintas minimal melirik poster mencolok tersebut. Salah satu peserta pameran, Nindra Aris Setya Budi, Rabu (10/4/2019), menerjemahkan pemilu damai lewat karya berisi ajakan skeptis dan hindari anarkistis.

“Itu sih niatannya mengajak masyarakat menghindari sikap apatis, apalagi anarkistis. Bersama-sama kita ciptakan Indonesia yang harmonis dengan pemilu yang demokratis,” kata dia.

Selain puluhan poster, pameran yang akan dicopot selepas Pemilu ini juga diisi dengan aksi grafiti massal menggunakan cat pylox, spidol, dan alat gambar lain. Karya yang dibuat pada media spanduk MMT berukuran 3 meter x 3 meter tersebut juga berisi tentang dukungan menciptakan Pemilu damai.

Bagian dari tugas tugas Mata Kuliah Ilustrasi Terapan Semester II DKV FSRD ISI Solo tersebut digarap menggunakan teknik dan gaya ilustrasi yang beragam. Di antaranya gaya manual, digital, atau kombinasi keduanya. Dosen Pengampu Mata Kuliah Ilustrasi Terapan, Basnendar Herry Prilosadoso, Rabu, mengatakan pameran tersebut merupakan wujud berkontribusi langsung anak muda menanggapi permasalahan bangsa.

“Ya, untuk mendukung Pemilu terlaksana dengan damai, aman, jujur, dan adil melalui kompetensi dan kemampuan mahasiswa dalam mengolah ide gagasan kreatif lewat karya ilustrasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya