SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Kirab Budaya Grebeg Penjalin yang digelar di sentra industri kerajinan rotan Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, bakal dimeriahkan berbagai macam atraksi. Salah satunya bola takraw raksasa bakal yang dikirab sepanjang 2 kilometer pada Selasa (30/4/2019) nanti.

Bola takraw raksasa itu saat ini sedang dibuat dan baru selesai 80%. Panitia Grebeg Penjalin 2019, Ucok Sowarno, mengatakan karnaval atau pawai budaya akan menjadi acara puncak dari Grebeg Penjalin 2019.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pawai akan diikuti sekitar 20 kelompok peserta, terdiri atas duta wisata, drumben, hula hoop anak SD/MI dan SMP, mobil hias, serta komunitas yang ada di Desa Trangsan dan Kecamatan Gatak.

“Dalam kirab budaya juga akan ikut dikirab bola takraw besar yang sekarang masih dalam proses pembuatan,” kata dia, Jumat (26/4/2019).

Bola takraw berdiameter 2,6 meter itu dibuat dengan bahan rotan. Bola takraw akan digelindingkan sepanjang 2 kilometer dan nantinya menjadi ikon bagi Desa Trangsan.

Selain itu berbagai kegiatan juga akan memeriahkan Grebek Penjalin 2019 di antaranya bazar dan pameran produk rotan, serta kerajinan yang menjadi andalan warga Desa Trangsan. Bazar dan pameran produk ini akan digelar pada Senin (29/4/2019) sampai Minggu (5/5/2019) di GOR dan showroom Desa Trangsan.

Tak hanya itu panggung seni dan budaya juga memeriahkan Grebeg Penjalin 2019. Kegiatan ini akan diisi berbagai pentas musik dan seni, antara lain musik religi, Koesplusan, campursari remaja serta akan ditutup dengan wayang kulit semalam suntuk.

“Ada juga workshop menghadirkan narasumber Kepala Desa Ponggok serta sejumlah akademisi dari UNS, UMS, dan ISI Surakarta,” katanya.

Dia mengatakan persiapan Grebeg Penjalin kini sudah mencapai 90 persen. Menurut rencana Grebeg Penjalin dibuka Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya serta dihadiri jajaran Muspida Kabupaten Sukoharjo.

Sedikit berbeda dengan Grebeg Penjalin tahun-tahun sebelumnya, grebeg kali keempat ini akan dimeriahkan lima gunungan rotan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya