SOLOPOS.COM - Shinichi Takemura di samping Tangible Earth (Repro)

Shinichi Takemura di samping Tangible Earth (Repro)

Shinichi Takemura di samping Tangible Earth (Repro)

Solopos.com, DEPOK — Tangible Earth, bola dunia digital interaktif yang dapat digunakan untuk mengamati aktivitas bumi secara realtime didemonstrasikan oleh penemunya Shinichi Takemura, Senin (25/11/2013) di Universitas Indonesia, Depok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Takemura yang juga merupakan guru besar Art and Design of Kyoto University mengklaim Tangible Earth merupakan alat interaktif pertama di Asia Tenggara yang mampu memvisualisasi kondisi bumi untuk mengamati berbagai dinamika seperti rute migrasi fauna, simulasi bencana dan global warming hingga simulasi populasi dunia.

“Pada 1950-an hanya New York dan Tokyo yang menjadi kota megapolitan [penduduknya di atas 10 juta jiwa]. Saat ini ada begitu banyak kota megapolitan,” ujarnya.

Takemura mulai membangun alat ini pada 2002 yang kemudian memenangkan penghargaan Gold Prize of Good Design Award di Jepang pada 2005. Menurutnya, Tangible Earth sudah didemonstrasikan di berbagai gelaran lingkungan hidup seperti Toyako G8 Summit (2008), COP15 di Copenhagen, Denmark (2009), TED-Tokyo (2009) dan COP10 di Nagoya, Jepang (2010).

Selain mendemonstrasikan Tangible Earth di berbagai acara, alat ini juga sudah dipasang secara permanen di beberapa museum seperti National Science Museum in Amsterdam (NEMO), Expementarium (Copenhagen) dan National Museum of Natural History (Tokyo).

Tangible Earth berdiameter 1,28 meter atau berskala 1/10 dari ukuran bumi sebenarnya. Alat ini mengombinasikan teknologi digital dan analog. Takemura mengaku Tangible Earth merupakan alat simulasi yang mahal. Museum yang hendak memiliki alat ini harus menggelontorkan setidaknya 10 juta yen atau sekitar Rp1,16 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya