SOLOPOS.COM - Polisi melakukan olah TKP di rumah W di Purwantoro, Wonogiri. (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Bocah asal Purwantoro, Wonogiri, ZIM, 10, yang selamat setelah diajak minum racun serangga oleh ibunya, W, pada Kamis (12/12/2019) lalu, kini sudah sadar sepenuhnya dan terus membaik.

Proses selanjutnya setelah sembuh adalah menjaga kondisi psikisnya agar tidak trauma. Dalam hal ini, keluarga, pemangku kepentingan, dan warga sekitar harus ikut membantu menghilangkan trauma itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Z sudah lima hari dirawat di RSUD dr. Harjono S. Ponorogo, Jawa Timur. Z sudah sadar sepenuhnya.

Pernapasannya juga sudah lancar sehingga alat bantu pernapasan sudah dilepas. Dia juga sudah bisa berkomunikasi dengan lancar. Saat ini Z masuk ke masa penyembuhan.

“Gejalanya diduga minum obat serangga. Dampaknya ke seluruh organ tubuh. Tapi sekarang fungsi organ dalam dan luarnya sudah normal. Kalau kondisinya semakin membaik mudah-mudahan dia bisa pulang pekan ini,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (17/12/2019).

Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Rusak Fasilitas Terminal Bus Wonogiri

Sebagaimana diinformasikan, Z bersama adiknya, K, dan ibunya, W, memakan menu sarapan yang diduga sudah diberi racun serangga oleh W pada Kamis pagi. W dan K meninggal dunia setelah makan sedangkan Z selamat namun harus dirawat di rumah sakit.

Di sisi lain, untuk memulihkan kondisi psikisnya, aktivis Yayasan Sahabat Kapas Solo, Dian Sasmita, menyampaikan keluarga harus memberi kasih sayang penuh kepada Z seumur hidupnya agar tak merasa menanggung beban sendirian.

Lingkungan sekitarnya juga harus dapat dikondisikan untuk memastikan Z tak mendapat trauma lagi. Menurut pemerhati anak itu, keluarga harus memberi kasih sayang penuh kepada Z, terutama orang tua yang masih hidup.

Kasih sayang itu dapat berwujud perhatian dan komunikasi yang intensif. Pelukan juga tak kalah penting, karena pelukan membawa energi positif sehingga bisa mengurangi traumanya.

Gagal Nyalip, Bus Sumber Selamat Nyungsep di Parit Saradan Madiun

Kasih sayang penuh sangat penting diberikan agar siswa kelas V SD itu tak merasa hidup sendiri dengan menanggung beban batin yang luar biasa berat. Pendampingan terhadap Z tak bisa hanya sesaat, tetapi harus berkelanjutan, bahkan hingga seumur hidupnya.

Z akan menanggung beban pikiran seumur hidupnya. Karena itu jangan sampai Z merasa kesepian.

“Anak ini [Z] baru saja menghadapi peristiwa tragis. Dia pasti mengalami konflik batin yang luar biasa. Sekarang dia kehilangan ibu dan adik. Dia sendiri pun sempat kritis. Idealnya, bapak dari anak ini yang harus memberi kasih sayang secara utuh. Kalau tidak, keluarganya yang lain bisa menggantikan orang tuanya,” kata Dian.

Lingkungan sekitarnya juga perlu dikondisikan supaya warga, teman sekolah, dan guru turut memberi perhatian. Pemangku kepentingan terkait, seperti pengurus rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), pemerintah desa (pemdes), dan lainnya perlu turun tangan menciptakan kondisi yang ramah untuk Z.

Jika tidak dikondisikan, tidak menutup kemungkinan ada teman sebayanya atau warga lainnya justru menyinggung perasaannya yang akan memunculkan traumanya lagi.

2 Orang Ditangkap Polisi Sukoharjo Karena Ajukan Pinjaman Pakai BPKB Palsu

Peristiwa ini menunjukkan pentingnya tempat konseling bagi keluarga rentan, seperti keluarga miskin, hidup terpisah, korban perceraian, dan sebagainya. Ketika tidak ada ruang untuk konseling, warga tidak bisa mencurahkan apa yang dirasanya.

"Jangan sampai ada orang rentan yang akhirnya menentukan pilihan yang dramatis, seperti bunuh diri. Minimal setiap desa atau kecamatan ada ruang konseling sehingga warga mudah mengaksesnya,” imbuh Dian.

Keluarga rentan juga tak perlu malu mengakses layanan konseling. Masalahnya, masyarakat melihat orang yang konseling sebagai orang yang mengalami gangguan jiwa.

"Pandangan seperti itu harus dihapus. Ini lah perlunya edukasi bahwa kesehatan mental itu sangat penting," jelas Dian.

Anda bisa mencari bantuan jika mengetahui ada sahabat atau kerabat, termasuk diri sendiri yang punya kecenderungan bunuh diri.

Hubungi hotline Kementerian Kesehatan di nomor 1500-567 yang aktif selama 24 jam.

Informasi terkait depresi dan isu kesehatan mental lainnya bisa diperoleh dengan menghubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau RSJ terdekat.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya