Bocah SMP Karanganyar Jualan Sempol hingga Malam untuk Bantu Orang Tua

Seorang bocah SMP Penda Mojogedang, Karanganyar, harus rela berjualan sempol ayam demi membantu ayahnya yang seorang kuli bangunan. Sementara ibunya sudah meninggal dunia.

 Aditya Nugroho, rela berjualan sempol ayam di Pasar Jambangan, Mojogedang, Karanganyar. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Aditya Nugroho, rela berjualan sempol ayam di Pasar Jambangan, Mojogedang, Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang siswa SMP Penda Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Aditya Nugroho, rela berjualan sempol ayam demi membantu ekonomi keluarganya.

Selama sekitar sebulan terakhir, siswa Kelas IX tersebut menggelar dagangan itu di kawasan Pasar Jambangan, Mojogedang. Di tempat itu, ia melayani pembeli sejak pukul 16.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam sehari, rata-rata dagangannya laku sekitar 90-100 tusuk dengan keuntungan Rp20.000 hingga Rp30.000. Uang itu ia tabung dan akan ia gunakan untuk membeli sepeda motor untuk sarana kerja setelah lulus sekolah nanti.

Adit menceritakan awal mula ia berjualan sempol ayam itu dilatarbelakangi kondisi ekonomi keluarganya yang kekurangan. Ayahnya, Sugiarto, seorang kuli bangunan. Sementara ibunya, Sumiyati, sudah meninggal dua tahun lalu.

bocah SMP jual Sempol ayam
Aditya Nugroho. (Istimewa)

Adit juga masih punya dua adik perempuan yang saat ini duduk di bangku SD. Melihat kondisi ekonomi ayahnya yang kurang mampu inilah kemudian muncul ide di benak Adit untuk membantu dengan berjualan sempol ayam.

Baca Juga: Lepas Jabatan Kacab Perusahaan Finansial, Warga Sragen Ini Pilih Jualan Telur

“Awalnya saya tanya kepada bapak, boleh atau enggak kalau saya jualan untuk bantu-bantu? Kata bapakku boleh,” ujarnya saat ditemui di sekolahnya, Jumat (7/10/2022).

Kebetulan tetangganya jualan sempol ayam mentah yang sering dikulak pedagang. Ia pun meminta izin tetangganya itu untuk ikut berjualan jajanan anak-anak tersebut. Namun Adit tak punya sarana  untuk berjualan. Bapaknya hanya punya sepeda motor lawas yang sudah tidak layak jalan.

“Akhirnya saya dipinjami semuanya oleh tetangga saya yang jual sempol mentah itu. Sepeda motor, etalase, kompor, wajan, dan semua perlengkapannya dipinjamkan kepada saya, tidak bayar,” imbuhnya.

Kepada tetangganya itu, Adit hanya membayar biaya kulakan sempol mentah setiap hari. “Saya hanya bayar sempolnya yang saya beli. Kalau minyak goreng saya beli sendiri,” tambahnya.

Baca Juga: Kreatif, Perempuan di Salatiga Ini Olah Tempe Jadi Cokelat

Sekarang Adit yang tinggal di Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Karaganyar ini wira-wiri setiap hari mengendarai sepeda motor dengan gerobak dari rumah ke kawasan Pasar Jambangan untuk menjemput rezeki. Hawa dingin tak menyurutkan niatnya untuk membantu meringankan beban orang tuanya.

Adit  mengaku tidak malu melakukan berjualan sempol ayam. Baginya yang terpenting bisa membantu orang tua.

Pihak sekolah menilai Adit tetap bisa mengikuti pelajaran seperti anak-anak lain meski berjualan di malam hari. “Anaknya belajar seperti biasa. Masuk juga biasa, tidak membolos,” ujar salah satu guru sekolah setempat, Dyah Ponco Wulandari.

Di sisi lain, pihak sekolah juga telah mengajukan bantuan biaya sekolah bagi keluarga kurang mampu melalui Program Indonesia Pintar (PIP), termasuk untuk keluarga Adit.

Baca Juga: Viral Kakek Kehilangan 7 Kambing Titipan Orang Lain, Netizen Sampai Galang Donasi

“Rencananya kami juga meminta kepada yayasan pengelola sekolah ini untuk memberikan bantuan saat Adit mau melanjutkan ke sekolah di yayasan yang sama,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pantai Sembukan Wonogiri, Tempat Pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senapati

      Pada malam-malam tertentu, pantai yang terletak di Wonogiri selatan itu acap didatangi orang dari berbagai daerah. Mereka melakukan ritual tertentu untuk meminta keberkahan.

      Jajal Jalur Kirab Kaesang-Erina, 3 Menteri Naik Kereta Kencana di Jalur CFD

      rombongan kirab sampai di depan Hotel Dana Solo. Sejumlah orang membentuk barisan berjalan dari barat ke timur. Di belakangnya ada kereta kencana. Satu kereta ditarik dua kuda. Tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan kemeja biru maroon dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian biru muda.

      Kapolres Sukoharjo Gandeng Komunitas Seni Jaga Kamtibmas dan Kerukunan Warga

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan komunitas seni merupakan salah satu komunitas yang harus disentuh oleh kepolisian. Mengingat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dalam bidang seni.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Masjid di Ngawen Klaten Kokoh Berdiri Sendiri di Tengah Proyek Tol Solo-Jogja

      Nilai UGR yang bakal diterima untuk pembebasan bangunan masjid itu senilai Rp822 juta. Sesuai aturan, UGR yang diterima harus digunakan untuk membangun masjid.

      Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

      Proses seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Tim tersebut terdiri atas dua orang internal atau dari Pemkab Klaten dan tiga orang eksternal atau akademisi.

      Stok Kosong, Dinkes Boyolali Putar Otak Cari Vaksin Covid-19

      Puskesmas yang diinformasikan bisa melayani vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (26/11/2022) antara lain Puskesmas Sambi, Simo, Sawit, Banyudono I, Gladagsari, Boyolali I, dan Boyolali II.

      Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU

      Agenda Solo hari ini, Minggu (27/11/2022), cukup padat dengan Lokananta Reload yang menghadirkan Padi Reborn serta pengajian akbar Hari Santri Nasional di Pura Mangkunegaran.

      Duh. 25 Water Barrier di Jalan-Jalan Karanganyar Hilang Dicuri

      Biasanya akibat pencurian ini diketahui saat akan dilakukan pengecekan sarana atau pada saat akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas.

      Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

      Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.

      Sukoharjo Berawan Tebal sejak Minggu Pagi, Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan tebal sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Boyolali Hujan sejak Pagi Hari, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya Menurut BMKG

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Hujan Minggu Malam, Simak Prakiraan Cuaca Solo 27 November

      Minggu (27/11/2022) siang hingga malam ini Solo diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang menurut prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 27 November 2022, Cukup Bersahabat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa Anda simak di sini.