SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sebagian masyarakat Jawa tentu sudah tidak asing dengan permainan Cublak-Cublak Suweng. Permainan tradisional ini biasa dilakukan anak-anak di pedesaan Pulau Jawa, termasuk Kota Solo, Jawa Tengah.

Permainan ini diawali dengan mengundi untuk menentukan pemain yang kalah untuk berperan sebagai Pak Empo. Pak Empo ini berbaring tengkurap di tengah pemain lainnya. Pemain lain duduk melingkari Pak Empo dan menyanyikan lagu khas Cublak-Cublak Suweng sambil menjalankan satu benda yang kemudian di sembunyikan di salah satu tangan pemain di akhir nyanyian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lagu pengiring Cublak-Cublak Suweng yang khas ini dinyanyikan dengan lirik berbahasa Jawa. Lagu yang cukup mudah didengar dan dihafalkan ini memang sering dinyanyikan. Seperti terekam dalam video viral unggahan pengelola akun @ragamsolo, Rabu (24/7/2019), yang membagikan rekaman seorang bocah SD menyanyikan lagu Cublak-Cublak Suweng dengan lucu.

Bocah lelaki tersebut dibantu gurunya menyanyikan lagu permainan tersebut dengan lantang di depan kelas. Namun, dia salah melafalkan beberapa penggal lirik yang memicu gelak tawa teman-temannya sekaligus netizen yang menonton video viral tersebut.

Lagunya yang benar bagaimana sih?” tanya @ragamsolo lewat keterangan video viral yang mendapat sejumlah respons lucu dari netizen. Beberapa netizen prihatin dengan anak-anak zaman sekarang yang tidak akrab dengan permainan tradisional.

Anak zaman sekarang sudah enggak hafal lagu Cublak-Cublak Suweung. Hafalnya PUBG, FF, ML,” komentar @andi_pimpim.

Ya Allah, besok zaman anakku sekolah kayak apa ya. Di rumah dididik baik, di sekolah ketemu temannya kayak begini, gimana,” sambung @the.rismo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya