SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London–Ajaib! Seorang bocah perempuan Inggris yang telah didiagnosa mengalami sakit ginjal membuat para dokter terkagum-kagum. Sebab saat akan dilakukan operasi, para dokter malah menemukan bahwa anak berumur 8 tahun itu memiliki empat ginjal, dua di antaranya merupakan ginjal baru.

Angel Burton tadinya mengalami infeksi serius yang mengancam akan merusak ginjalnya. Namun ketika akan dioperasi, Angel ternyata memiliki kondisi yang sangat langka di dunia yang dinamakan duplex kidneys.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada kasus Angel, dua ginjalnya mengalami duplikasi dan melebur satu sama lain. Namun, setiap ginjal ini memiliki ureter atau saluran yang terpisah sehingga Angel memiliki empat ginjal dan empat ureter. Para dokter yakin bila pada pemeriksaan terdahulu ginjal tambahan ini tidak terdeteksi karena posisinya tepat di atas ginjal lama.

Ekspedisi Mudik 2024

Dua ginjal baru Angel tersebut bekerja secara normal sehingga menyembuhkan masalah sakit ginjalnya.

“Ini benar-benar mengagumkan,” kata ibu Angel, Claire Burton (32) seperti dilansir media Inggris, The Sun, Selasa (18/5).

Sejak bayi, Angel telah menderita masalah ginjal. Hasil pemeriksaan, dokter mendiagnosa adanya bilateral reflux: katup pada kandung kemihnya tidak dapat berfungsi normal. Urine akan mengalir ke ginjal dan mengakibatkan infeksi.

Pada usia 5 tahun, para dokter memberitahu kalau kedua ginjal Angel telah rusak. “Mereka (dokter) bilang pada kami bahwa ginjal-ginjalnya rusak permanen,” tutur Claire.

Angel pun harus menjalani menjalani operasi di Rumah Sakit Anak Sheffield pada Oktober 2007 untuk memasang katup buatan. Saat itulah dua ginjal baru yang sebelumnya tidak terdeteksi itu ditemukan. Dan ginjal-ginjal tersebut berfungsi dengan baik hingga sekarang. Kini Angel telah pulih dan hidup sehat.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya