Dirut BOB, Indah Juanita. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Badan Otorita Borobudur (BOB) mengundang investor untuk turut mengembangkan kawasan Perbukitan Menoreh Purworejo menjadi destinasi ekowisata. Sebagai langkah awal, BOB sudah mengembangkan Glamorous Camping (Glamping) De’Loano dengan konsep camping ground dalam zona otorita Borobudur High Land.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama BOB Indah Juanita dalam rilis yang diterima Solopos.com dari Kantor Pelaksana Badan Otorita Borobudur di Kotabaru, Jogja, Jumat (4/10/2019).

Indah Juanita mengatakan untuk tahap pertama Glamping De’Loano menempati area sekitar 1,3 hektare. Total keseluruhan lahan Zona Otorita BOB mencapai 309 hektare. Nama De’Loano Glamping diambil dari nama wilayah Loano yang terletak di antara tiga kabupaten yakni Kulonprogo, Purworejo, dan Magelang.

“Tahap pertama Glamping De’Loano sudah kami luncurkan pada 14 Februari 2019 ini dan kami mulai membuka untuk para investor agar dapat berinvestasi di Loano,” ujarnya.

Dirut BOB Indah Juanita meninjau De'Loano Glamping di Perbukitan Menoreh, Purworejo, Jawa Tengah. (Istimewa)
Dirut BOB Indah Juanita meninjau De'Loano Glamping di Perbukitan Menoreh, Purworejo, Jawa Tengah. (Istimewa)

BOB telah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang di Loano diantaranya restoran semi outdoor, Tourism Information Centre, outdoor cinema, cozy seating spot, photoshoot dan sejumlah tempat menarik lainnya.

De Loano merupakan hasil sinergi antara BOB dengan Perum Perhutani yang menjadi konsep showcase promosi pengembangan Glamping kepada masyarakat dan investor. Dalam mengembangkan De’Loano, BOB juga merangkul partisipasi warga sekitar dari awal hingga operasional.

“Warga sekitar kami libatkan dari proses persiapan lahan, pengembangan kerajinan hingga kuliner dan tidak tertinggal untuk warga menyiapkan kantong-kantong parkir di halaman rumahnya yang hasilnya untuk mereka," jelas Indah.

BOB berharap dengan adanya pengembangan zona ini bisa merangkul investor agar mau berinvestasi dan pada akhirnya mampu menciptakan multiplier effect bagi lingkungan sekitar.

“Keberadaan New Yogyakarta International Airport [NYIA] didukung dengan adanya Java High Land dan Glamping De Loano akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan dan efeknya masa tinggal turis akan bertambah, lanjut Indah.

BOB berharap dengan adanya pengembangan di Zona Otorita ini akan memberikan dampak positif pada sektor ekonomi yang tidak hanya bagi institusi namun juga bagi masyarakat dan menjadi model penegembangan pariwisata daerah lain.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten