SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo BNPB (JIBI/Harian Jogja/istimewa)

Ilustrasi logo BNPB (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

JOGJA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun shelter pengungsian di sepanjang pantai barat Sumatra, Pantai Selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara tahun depan. Tiga Kabupaten DIY akan mendapat jatah pembangunan shelter tahun depan yakni Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Pembangunan shelter adalah instruksi presiden yang merupakan master plan perngurangan resiko tsunami. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan BNPB sudah berkoordinasi dengan daerah yang akan dibangun shelter mengenai apa saja kebutuhan yang diperlukan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kepala BNPB sudah berkoordinasi dengan daerah,” ujarnya di JEC Jogja, Senin (22/10/2012).

Mengenai lokasi shelter akan disesuaikan sesuai medan. Misalnya di Gunungkidul daerah perbukitan difasilitasi dengan tangga dan rambu jalur evakuasi. Sedangkan di Bantul yang relatif datar akan dibangun shelter di lokasi yang lebih tinggi. Jika perlu akan ada bukit buatan agar aman dari tsunami.

Program selain menyediakan shelter, BNPB juga juga memberikan alat peringatan dini bencana seperti pendeteksi gempa sampai dengan warning masyarakat. Untuk semua program tahun 2013 dianggarkan Rp1 Triliun.

Dana itu masih sangat terbatas karena idealnya sesuai perhitungan Rp16,5 triliun. “Karena terbatas kami hanya bangun sesuai prioritas,” katanya.

Menurut Sutopo, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru memiliki 34 unit dari kebutuhan 1000 unit sirene se-Indonesia. Itupun sirene yang berbasis komunitas masih minim.

Pengalaman pada 11 April 2012 lalu, gempa 8,5 skala ritcher di Aceh barat daya tidak tersampaikan kepada masyarakat secara maksimal. Akibatnya sebanyak 63 persen masyarakat tidak mendengar warning tsunami.

Daerah yang akan menjadi pilot project adalah Sumatra Barat, Bali dan Jawa Barat. DIY tidak ditunjuk karena peringatan dini sudah ada sirine komunitas di sejumlah lokasi di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya