SOLOPOS.COM - Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengelar rakor dengan Menko Bidang PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BPOM Penny K. Lukito, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Rabu (30/11/2022). (Antara)

Solopos.com, CIANJUR–Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyarankan kepada Bupati Cianjur Herman Suherman untuk memperpanjang proses pencarian korban gempa bumi hingga Sabtu (3/12/2022).

“Bupati memberikan aspirasi masyarakat yang kehilangan itu, mudah-mudahan bisa ditemukan. Tapi tentu saja ini ada batasnya. Saran kami memang maksimal sampai Sabtu [3/12/2022), dua pekan,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat mengelar rakor dengan Menko Bidang PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BPOM Penny K. Lukito di Pendapa Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim SAR gabungan menetapkan proses pencarian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur akan berakhir pada Rabu (30/11/2022) ini.

Saran dari Kepala BNPB tersebut diberikan terkait dengan bertambahnya jumlah warga yang hilang dan dalam proses pencarian, yang jumlahnya hingga saat ini bertambah dari lima jiwa menjadi 13 jiwa.

Ia mengatakan jika dalam kurun dua pekan proses pencarian masih belum ditemukan maka pihaknya berharap warga yang kehilangan anggota keluarganya akibat gempa bisa mengikhlaskan kehilangan tersebut.

“Kalau sudah tidak ditemukan lagi, nanti masyarakat juga, yang keluarga hilang sudah banyak yang ikhlas. Jadi kalau masih memungkinkan ditemukan, ya alhamdulillah. Tapi kalau tidak ditemukan setelah dua pekan, mudah-mudahan masyarakat bisa menerima dengan ikhlas,” kata dia.

Sebelumnya, dua kepala desa yakni Kepala Desa Cijedil dan Kepala Desa Mangunkerta, Kabupaten Cianjur, melaporkan ada delapan warganya hilang.

Laporan tersebut disampaikan dalam proses pencarian hari kesembilan korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Namun berdasarkan laporan yang kami terima, ada korban hilang. Berita ini kami terima dari dua kepala desa yaitu dari Kades Cijedil enam jiwa, Kades Mangunkerta dua jiwa,” kata Dandim 0608/Kabupaten Cianjur Letkol Arm Hariyanto saat menyampaikan keterangan pers di Pendapa Kantor Bupati Cianjur, Selasa (29/11/2022).

Korban hilang masih tersisa lima orang hingga Selasa (29/11/2022), namun ditambah dengan laporan dari dua kades tersebut maka jumlahnya bertambah menjadi 13 orang.

“Kemudian apabila dijumlahkan total keseluruhan korban hilang dalam [proses] pencarian ada delapan orang sehingga total laporan yang hilang sampai sore ini sejumlah 13 orang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya