SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan, banjir besar kemungkinan akan melanda Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Namun, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo menyatakan banjir ini tidak akan separah yang dialami Thailand. Menurut Sutopo dalam perbincangan Kamis (17/11), banjir di Bangkok lebih dipengaruhi siklon tropis. Dijelaskan Sutopo, secara alami, siklon tropis atau badai tropis ini tidak akan melanda Indonesia. Sebab siklon tropis hanya terjadi di daerah-daerah di atas 10 Lintang Utara dan 10 Lintang Selatan, termasuk Thailand dan Filipina. Sedangkan di Indonesia berada di 6 hingga 11 lintang.

Lebih lanjut Sutopo menilai, siklon tropis saat ini makin sering terjadi karena dipengaruhi pemanasan global. Sebelumnya, LAPAN memperkirakan 98 kabupaten dan kota di Pulau Jawa akan terendam banjir pada Desember 2011 hingga Januari 2012. Banjir diprediksi terjadi di dataran, khususnya di daerah cekungan, bantaran sungai, dan daerah yang secara alamiah sering terjadi banjir. [vivanews/dev]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya