SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) belum menarik dana tambahan untuk penanggulangan bencana senilai Rp 150 miliar. Dana tersebut sudah disetujui penarikannya oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo dua hari yang lalu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pelaksana Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Tri Buwono Tunggal usai diskusi Kementerian Keuangan dengan forum wartawan keuangan (Forkem) di Ancol Jakarta, Sabtu (6/11/).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada anggaran Rp 150 miliar untuk tanggap darurat, tapi belum ditarik, walaupun sudah dialokasikan. Ya itu karena baru sekitar Kamis Jumat ini disetujui Menkeu,” ujarnya.

Setelah disetujui alokasi penambahan dana tersebut sebesar Rp 150 miliar oleh Menteri Keuangan, Tri mengaku BNP belum menarik anggaran tersebut guna disalurkan ketiga daerah bencana, yaitu Wasior, Mentawai, dan Merapi. a menyatakan penarikan anggaran dalam APBN untuk bencana disesuaikan dengan daerahnya masing-masing.

Sebagai informasi, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengajukan tambahan dana untuk penanganan bencana alam senilai  Rp 150 miliar ke DPR yang nantinya akan dikucurkan melalui Badan Nasional Penanggulangn Bencana (BNPB). Saat ini dana siap pakai yang tersedia di BNPB senilai Rp 50 miliar. Sedangkan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi, pemerintah sediakan anggaran senilai Rp 3,5 triliun.

“Rehab diluar itu, kurang lebih Rp 3,5 triliun untuk program-program rehab,” ujar Agus Marto di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, pekan lalu.

Sebelumnya, Wamenkeu Anny Ratnawati menyatakan bahwa jumlah dana alokasi penanggulangan bencana dalam tahun anggaran 2010 mencapai Rp3,9 triliun.

Menurut Anny, dari total dana tersebut, sebesar Rp 1,9 triliun tengah menunggu persetujuan dari DPR RI untuk penanganan bencana sebelumnya.

“Dari alokasi Rp 3,9 triliun tahun anggaran 2010, sedang menunggu persetujuan DPR Rp 1,9 triliun untuk bencana-bencana yang lalu,” ujarnya melalui pesan singkat kepada media di Jakarta, Rabu (27/10).

Untuk pengucuran dana penanggulangan bencana alam ke lapangan, Agus Marto menyerahkan kepada BNPB. “Itu diserahkan ke badan,” imbuhnya.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya