SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Terdapat delapan kawasan yang harus diwaspadai masyarakat berdasarkan kejadian bencana banjir, tanah longsor, dan lahar dingin pada tahun lalu.

Kejadian itu ada di wilayah DKI Jakarta berupa bencana banjir dan di kawasan Sungai Bengawan Solo yang melewati 16 kabupaten di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, kawasan Gunung Merapi dengan bencana lahar dingin yang melalui wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, serta daerah aliran sungai Jratunseluna (Jragung, Tuntang, Serang, Lusi, dan Juana).

“Kawasan-kawasan itu setiap tahun mengalami bencana, sehingga menjadi prioritas pengawasan, terutama jika memasuki musim penghujan,” kata Sugeng Triutomo, Deputi bidang Pencegahan dan Kesiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (13/11/2012).

Dia menjelaskan wilayah lainnya yang patut diwaspadai adalah banjir lahar dingin Semeru di Jawa Timur, bencana banjir di wilayah sepanjang Sungai Citarum, Bandung bagian Selatan.

Bahkan, lanjutnya, kawasan Gunung Bawakaraeng di Sulawesi Selatan dan kawah Gunung Ijen di Jawa Timur juga harus menjadi perhatian dan kewaspadaan masyarakat.

“Untuk mengurangi bencana di delapan kawasan tersebut relatif sulit, karena memang kondisi geografisnya tidak memungkinkan untuk diubah agar tidak ada bencana,” jelasnya.

Sugeng mencontohkan kawasan yang dilalui Sungai Citarum, yakni Bandung Selatan berada pada geografis berbentuk cekungan, jadi setiap tahun dipastikan ada bencana banjir dan rumah warga terendam.

Penduduk setempat, dia menambahkan tinggal memilih untuk melakukan relokasi tempat tinggal atau pindah ke daerah lain yang aman atau terus menerus setiap tahun rumahnya terendam air.

Ini kedelapan wilayah tersebut:

1. DKI Jakarta dengan bencana banjir.

2. Sepanjang Sungai Bengawan Solo.

3. Lahar dingin Gunung Merapi di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

4. Daerah aliran sungai Jratunseluna.

5. Banjir lahar dingin Gunung Semeru di Jawa Timur.

6. Sepanjang Sungai Citarum di Bandung Selatan.

7. Gunung Bawakaraeng di Sulawesi Selatan.

8. Kawah Gunung Ijen di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya