SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat adanya sekitar 20.620 peluang kerja sektor formal di Brunei Darussalam dan Malaysia timur seperti di Sarawak, Sabah, dan Tawau.

Direktur Kerja Sama Luar Negeri BNP2TKI Anjar Prihantoro di Jakarta, Selasa, mengatakan peluang kerja sebanyak itu merupakan hasil lokakarya dan temu bisnis peluang kerja sektor formal di Brunei dan Malaysia (Serawak, Sabah, dan Tawau) di Yogyakarta 22-25 Maret lalu.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Dalam lokakarya yang diikuti 25 agensi tenaga kerja di dua negara itu serta 39 pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS) memetakan peluang kerja itu tersebar di berbagai bidang seperti perminyakan dan

gas bumi, konstruksi, manufaktur, perkebunan, perkayuan, kesehatan, “hospitality”, industri, dan infrastruktur.

Anjar mencontohkan Brunei membutuhkan 2.018 tenaga kerja perminyakan di blok L dan blok M, tenaga seismik dan supervisor 5.500 orang, kru 350 orang, “dynamite man” 460 orang, infrastruktur 37 orang, dan jalan tol Telisai tiga orang.

Selain itu, katanya, juga sedang didata kebutuhan tenaga kerja untuk pengembangan Bandara Brunei, juru rawat, dan dokter.

Di Sarawak, katanya, sudah terpetakan kebutuhan tenaga kerja hingga 2020 seperti untuk pembangunan kawasan “Sarawak Corridor of Renewable Energy” (SCORE) 2,5 juta orang, manufaktur 250 ribu orang, perkebunan Sawit 6.475 orang, perkayuan 15.017 orang.

Sementara di negara bagian Sabah, katanya, pada tahun ini membutuhkan pekerja perkebunan sawit 132.521 orang dan di Tawau memerlukan 300 orang pekerja perkebunan sawit

Anjar menegaskan dua negara tetangga yang membutuhkan tenaga kerja asing itu dapat diisi oleh para TKI

“Penempatan TKI ke dua negeri jiran itu juga dapat memelihara dan melanjutkan tali persaudaraan negeri Serumpun Melayu yang saling membutuhkan,” kata Anjar.

Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya