BNI Percepat Penyaluran Bansos PKH Dan Sembako Ke KPM

Bank Negara Indonesia (BNI) melakukan upaya percepatan penyaluran bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

 Bank Negara Indonesia (BNI) melakukan percepatan bantuan sosial. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Bank Negara Indonesia (BNI) melakukan percepatan bantuan sosial. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – Bank Negara Indonesia (BNI) melakukan upaya percepatan penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia termasuk Jawa Tengah dan DIY lebih awal.

Hal ini sebagai upaya mendukung program pemerintah terkait upaya percepatan penyaluran Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako/BPNT dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Upaya percepatan penyaluran Bansos yang kami lakukan ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden sebelumnya . Juga hasil rapat koordinasi tingkat menteri yang dipimpin Menko Maritim & Investasi pada 22 Juli 2021,” ujar Pemimpin BNI Kantor Wilayah 17, Moch Hisyam seusai memimpin meeting virtual dengan seluruh Pemimpin Kantor Cabang BNI.

Baca juga: Catat Lur! Ini Golongan yang Dapat Bansos Beras di Wonogiri Selama PPKM Level 4

Ditambahkan oleh Hisyam, BNI Wilayah17 dengan seluruh jajarannya baik ditingkat Cabang Utama maupun Cabang Pembantu sudah siap bahu membahu. Untuk mempercepat pencairan Bansos PKH, Program Sembako maupun Program Pemerintah lainnya.

Dari Kementerian Sosial, saat ini BNI Wilayah 17 diberikan tugas untuk menyalurkan Program Sembako kepada 800.000 KPM total sebesar Rp480 miliar. Bansos PKH kepada 600.000 KPM total sebesar Rp420 miliar.

“Saat ini semua dana tersebut telah langsung disalurkan kepada rekening & Wallet KPM sesuai peruntukannya” tambah Hisyam.

Baca juga: Airlangga Ungkap Strategi Perekonomian Tetap Tumbuh Saat PPKM

BNI Siap Salurkan Bansos

BNI berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Dinas Sosial, Satgas Covid, Aparat Keamanan dan Pendamping Bansos. Terutama dalam memberikan informasi kepada KPM untuk segera mencairkan seluruh Bansos yang telah diterima. Yaitu Program sembako/BPNT dalam tiga tahap sekaligus, tahap VII, VIII dan IX dan Bansos PKH satu tahap.

Upaya lainnya adalah mengingatkan e-Warong/BNI Agen46 penyalur Bansos untuk memastikan stok sembako telah tersedia dengan harga wajar. Kemudian memastikan kesiapan mesin EDC pada e-warong/Agen46. Juga memastikan ATM BNI di seluruh Indonesia bisa beroperasi 24 Jam dengan stok uang yang selalu terjaga. Serta mengingatkan untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (3M) saat KPM bertransaksi di e-Warong/BNI Agen46 maupun di ATM.

“Kami telah menyiapkan lebih dari 2.000 Agen46 penyalur Bansos. Lebih dari 1.000 mesin ATM sebagai tempat transaksi Bansos oleh KPM. Kepada seluruh KPM Penerima Bansos diimbau segera mencairkan semua Bansos yang sudah masuk rekening atau wallet masing masing. Yaitu Program Sembako yang sudah masuk dalam tiga tahap. Juga Bansos PKH yang sudah masuk satu tahap. Baik di e-warong/BNI Agen46 maupun ATM BNI yang tersebar di seluruh Wilayah 17 [Jawa Tengah bagian Selatan & DIY],” kata Hisyam.

Baca juga: Kontraksi Berbagai Sektor, Penerimaan Pajak Jateng II Capai Rp4,89 Triliun

Tentang penyaluran Bansos tahap 1 dan 2 tahun 2021. BNI Wilayah 17 telah menyalurkan dana Bansos PKH senilai Rp700 miliar kepada 600.000 KPM dengan angka penyerapan 98,89%. Program Sembako tahap 1 sd 6 tahun 2021 senilai Rp900 miliar kepada 753.000 KPM. Dengan angka penyerapan 97,35% dengan sebaran KPM di 22 Kota Kabupaten. Selain itu dalam fungsinya sebagai Agent of Development bersama dengan bank Himbara, BNI sejak awal siap mensukseskan penyaluran Bansos Kemensos di masa PPKM Darurat.

Apa yang dilakukan tersebut, merupakan bentuk sumbangsih dan kepedulian BBI di masa PPKM di mana masyarakat diminta untuk tinggal di rumah. Untuk itu percepatan penyaluran Bansos menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam strategi pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

Telkomsel Area Jawa Bali menggelar webinar bertemakan Asyik Bersama Digital Maksimal dengan Merdeka Belajar.

Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

BTS x Built NY Project menggandeng Kopi Kenangan menjadi distributor resmi dan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Turun Banyak Sis! Ini Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, Jumat 24 September 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Jumat (24/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.

Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Harga jual eceren bahan bakar minyak di Indonesia disebut masih lebih murah jika dibandingkan kebnyakan negara-negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Matahari Kota Bogor Resmi Tutup Operasional, Ini Penjelasan Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup atau menghentikan operasional salah satu gerainya yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.