SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Solo mengusulkan agar Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) bagi siswa SMA/SMK yang sederajat di sekolah swasta sama dengan sekolah negeri.

Ketua BMPS Kota Solo, Trijono menyampaikan, besaran BPMKS di sekolah swasta yaitu Rp30.000/siswa/bulan. Sedangkan untuk sekolah negeri yaitu Rp70.000/siswa/bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“BMPS sudah mengusulkan kepada Walikota (Joko Widodo-red) agar BPMKS di sekolah swasta minimal sama dengan BPMKS di sekolah negeri. Surat usulan itu sudah ditujukan kepada Walikota 14 September lalu. Tembusannya ke Komisi IV DPRD, DPKS dan Dikpora,” terang Trijono saat ditemui wartawan, di Sekretariat Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS), Selasa (4/10).

Menurut Trijono, sampai saat ini belum ada tanggapan dari Walikota atas usulan tersebut. Usulan yang diajukan berdasarkan rapat pleno BMPS itu, jelas Trijono, mengandung lima poin. Poin pertama yaitu supaya tidak ada beda antara besarnya BMPKS SMA/SMK yang sederajat di sekolah negeri dan sekolah swasta. Kedua, keberadaan SMA/SMK swasta yang sederajat juka ikut mendukung Kota Vokasi.

Poin selanjutnya yaitu murid-murid SMA/SMK yang sederajat di sekolah swasta kebanyakan memiliki potensi akademik yang lebih rendah dari sekolah negeri. Untuk itu, tambahnya justru perlu dukungan yang lebih besar.

Selain itu, lanjut Trijono, kondisi sosial ekonomi siswa-siswa di sekolah swasta rata-rata tidak baik. “Kalau ada yang sosial ekonomi yang baik hanya beberapa seperti Ta’mirul Islam, Al Azhar dan sejumlah sekolah lainnya,” ucapnya.

Poin terakhir yang menjadi pertimbangan adalah BMPS melihat perbedaan BPMKS di SD swasta dan SD negeri justru di SD swasta 5 kali lipat SD negeri. Di SMP swasta 1,5 kali lipat di SMP negeri.

“Kenapa justru di SMA/SMK swasta malah hanya sekitar 40 persen dari sekolah negeri,” tanya Trijono.

BMSP, kata dia, mengajukan usulan agar BPMKS SMA/SMK swasta sama dengan negeri dimaksudkan untuk membantu meringankan beban dari orangtua.

Wakil Ketua DPKS, Taufiqurrahaman menyampaikan dalam waktu dekat akan menegaskan kembali kepada Walikota tentang usulan BMPS.

“Dikarenakan kami mendukung BMPS. Berkali-kali kami rapat menyoroti hal itu, konsentrasi kemiskinan sekolah-sekolah swasta. Alangkah lebih baiknya Pemkot Solo dalam hal ini Walikota untuk merespon dengan memenuhi permintaan yang diajukan BMPS,” kata Taufiq.

Trijono menuturkan kesamaan BPMKS SMA/SMK swasta dan negeri supaya bisa masuk ke APBD tahun 2012.(JIBI/SOLOPOS/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya