BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem 20-22 Desember 2018!
Hujan deras mengguyur Jl. Ir. Juanda, Pucangsawit, Jebres, Solo, Sabtu (10/11/2018) sore. (Solopos-Irawan Sapto Adhi)

Solopos.com, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada 20-22 Desember 2018. Pada hari-hari tersebut, BMKG memperkirakan terjadi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

"Kondisi tersebut dipicu oleh penguatan aliran udara dingin dari Asia yang berinteraksi dengan area pertemuan angin di sekitar Sumatera bagian selatan hingga Jawa bagian barat," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Potensi hujan lebat akan terjadi di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Karena itu masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Dampak itu di antaranya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, mengatakan sejak 12 Desember lalu BMKG sudah memantau pertumbuhan bibit siklon tropis. Pada 15 Desember, bibit siklon itu berubah menjadi siklon tropis. Karena terjadi di wilayah tanggung jawab BMKG, siklon itu diberi nama siklon tropis Kenanga.

"Namun posisi cukup jauh, ada dampaknya seperti munculnya angin dengan kekuatan cukup tinggi di wilayah selatan Jawa bagian barat, Lampung, Bengkulu, Sumbar, dengan kecepatan angin 20-25 knot dan potensi gelombang tinggi sampai empat meter," katanya.

Dari sisi hujan dengan angin yang kuat potensi pertumbuhan hujan agak berkurang. Namun siklon ini bergerak terus ke arah barat sehingga dua hari ke depan akan semakin jauh dan efeknya agak berkurang atau hilang.

"Ketika efeknya berkurang akan mengakibatkan aktivitas Monsun Asia aktif kembali, maka pada 20-23 Desember kemungkinan potensi hujan akan meningkat kembali," jelas dia.

Sedangkan pada periode Natal tepatnya 23-25 Desember 2018, BMKG memperkirakan curah hujan di wilayah Indonesia mengalami sedikit penurunan. Namun beberapa wilayah cenderung lain berawan atau hujan ringan, sementara potensi hujan lebat terjadi di beberapa daerah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom