BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob di Semarang dan Wilayah Pesisir Lain

BMKG ungkap penyebab banjir rob di Semarang dan wilayah pesisir pantai lainnya.

 Foto udara kondisi banjir rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (Solopos,com - Antara/Aji Styawan)

SOLOPOS.COM - Foto udara kondisi banjir rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (Solopos,com - Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SOLO-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ungkap penyebab banjir rob di Semarang dan wilayah pesisir pantai lainnya. Sebagaimana diketahui sejumlah wilayah pesisir pantai terkena bencana ini.

“Banjir pesisir mulai terjadi sejak tanggal 14 Mei 2022, potensi banjir pesisir ini dapat terjadi hingga 25 Mei 2022,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip dari Antara pada Selasa (25/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Selain ungkap penyebab, BMKG juga memprediksi kondisi banjir pesisir (rob) di sebagian utara Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dapat berlangsung hingga 25 Mei 2022. Karena itu masyarakat dan nelayan diminta untuk mewaspadai hal ini.

Menurut BMKG terjadinya gelombang tinggi yang menyebabkan banjir rob tersebut lantaran adanya fase bulan purnama dan kondisi Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi. Potensi banjir pesisir di beberapa wilayah Indonesia itu telah diinformasikan pada 13 Mei 2022.

Baca Juga: Sejarah Awal Mula Banjir Rob Terjang Pesisir Pantura Jawa Tengah

Ia menyebutkan, kondisi banjir pesisir terjadi di pesisir Pantai Tegal, Wonokerto-Pekalongan, Pantai Sari-Pekalongan, Pantai Batang, Pantai Tawang Kendal. Kondisi serupa juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jalan Raya Genuk Semarang-Demak, Pantai Karang tengah Demak, Pantai Rembang, dan pesisir Jawa Timur.

Selain faktor curah hujan di beberapa wilayah, gelombang tinggi di Laut Jawa yang mencapai 1,25 – 2,5 meter juga memberikan dampak terhadap peningkatan banjir rob di wilayah tersebut.

Baca Juga: Ini Daftar Wilayah yang Terdampak Banjir Rob di Semarang

“Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah. Namun demikian, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” katanya.

Ia menyampaikan, masyarakat diimbau untuk menyiapkan upaya mitigasi dan adaptasi untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Baca Juga: Kronologi Tanggul Laut Pelabuhan Tanjung Emas Jebol, Picu Banjir Rob

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa BMKG menerapkan paradigma Preventive Maintenance dalam menjaga kualitas produk data dan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Langkah ini dilakukan karena BMKG tidak ingin “kecolongan” dengan kejadian bencana alam.

“Tidak hanya penambahan instrumen alat saja, namun pemeliharaan seluruh peralatan operasional juga menjadi prioritas utama BMKG, terutama yang berkaitan dengan sistem peringatan dini,” ujarnya.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

+ PLUS Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Restorasi Meiji menjadi momentum sejarah lahirnya becak sebagai sarana transportasi di Jepang.

Berita Terkini

Bolehkah Puasa Tarwiyah dan Arafah Sekalian Bayar Utang Ramadan?

Salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan adalah puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah, dan puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Kapan Mulai Puasa Dzulhijjah? Ini Panduannya

Untuk menjawab pertanyaan kapan mulai puasa Dzulhijjah, berikut ini panduannya.

Kenapa Banyak Orang Menikah di Bulan Dzulhijjah?

Meskipun untuk waktu pelaksanaan pernikahan tidak ada waktu khusus, kenapa banyak orang menikah di Bulan Dzulhijjah?

Begini Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Syariat Islam

Berikut ini pembahasan hukum pernikahan beda agama baik secara syariat Islam maupun negara.

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips untuk mempercepat proses verifikasi dan persetujuan pengajuan pinjaman online atau pinjol, simak penjelasan berikut ini.

Cerpen Pembuktian

Aku yakin Djenar pasti jeli membaca cerpenku, dan akan memberikan banyak catatan. Padahal, sejujurnya niatku mengajaknya bertemu bukan untuk keperluan itu.

Cek Arti Mimpi Tenggelam, Benarkah Pertanda Buruk?

Mimpi tenggelam tentu bikin jantung berdebar-debar dan bertanya-tanya apa artinya ya?

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Arti Mimpi Mendapatkan Uang, Pertanda bakal Dapat Rezeki Nomplok?

Mimpi mendapatkan uang tentu bikin bahagia karena bunga tidur itu sering diartikan sebagai pertanda baik, benarkah demikian?

Cerpen Kisah Cinta Lelaki Gandrung

Kata orang-orang, bapakku miskin dan buruk rupa. Mereka bingung mengapa Ibu memilih Bapak, bukannya menjadi istri keempat Pak Warta yang kaya raya.

Apakah Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

WHO mencatat hingga Jumat (24/6/2022) ada 70 kematian di Afrika Tengah, apakah virus ini berbahaya bagi manusia?

Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

Kenapa Alkohol Bekonang Dinamakan Ciu? Ternyata dari Bahasa China

Tahukah Anda nama ciu yang merupakan alkohol khas dari Bekonang, Sukoharjo dinamai dengan kata dari bahasa Mandarin.

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?

Marshanda Mengalami Manic Episode, Kenali Gejalanya

Kenali gejala manic episode seperti dialami Marshanda saat dikabarkan hilang di Amerika Serikat.

Prosedur Pencarian Orang Hilang di Luar Negeri Seperti Kasus Marshanda

Bila mengalami kejadian serupa Marshanda, bagaimana prosedur pencarian orang hilang di luar negeri?