SOLOPOS.COM - Peta sebaran titik panas wilayah Indonesia barat (Bmkg.go.id)

Solopos.com, SOLO – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terdeteksi di sejumlah wilayah Indonesia. Titik panas terpantau masih cukup tinggi, khususnya di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat situsnya merilis sebaran titik panas di Indonesia yang perlu diwaspadai. Peta sebaran titik panas itu merupakan hasil pemantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari situs resmi BMKG, Minggu (22/9/2019), kabut asap akibat karhutla masih terdeteksi di kawasan Riau, Jambi, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, hingga menyebar ke Semenanjung Malaysia dan Serawak. Arah angin di Sumatra dan Kalimantan umumnya berembus dari tenggara-selatan ke barat laut-timur laut.

Sementara arah sebaran asap di Pulau Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah menyebar ke barat laut-utara. Sampai saat ini, asap lintas batas (transboundary haze) dari Sumatra menyebar ke Singapura dan Semenanjung Malaysia. Sementara asap dari Kalimantan Barat masih terus menyebar ke Serawak, Malaysia.

Sampai saat ini, BMKG bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), terus melakukan upaya mitigasi kemarau panjang termasuk karhutla di Sumatra dan Kalimantan. Salah satu caranya yakni melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) alias hujan buatan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik, A. Fachri Radjab, mengatakan hingga saat ini telah disiapkan tiga posko TMC yaitu di Pekanbaru (Riau), Pontianak (Kalimantan Barat), dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah). Upaya TMC tersebut sukses menurunkan hujan di Riau dan Kalimantan Barat untuk mengatasi kabut asap dan memadamkan karhutla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya