SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar Samudera Hindia masih akan membuka potensi curah hujan tinggi di Jawa Tengah hingga Kamis (7/3/2019).

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Achadi Subarkah Raharjo mengatakan memasuki awal Maret terdapat fenomena atmosfer yang dapat meningkatkan potensi curah hujan tinggi di wilayah Jawa Tengah. Menurut dia, fenomena gelombang atmosfer yabg bergerak merambat dari barat ke timut tersebut dapat meningkatkan potensi curah hujan di wilayah yang dilaluinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini MJO sedang bergerak melintasi Jawa Tengah,” katanya di Kota Semarang, saat curah hujan tinggi menerpa Jawa Tengah, Rabu (6/3/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

BMKG, lanjut dia, mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi bencana uang terjadi akibat peningkatan curah hujan tersebut. “Bencana hidrometeorologi memicu banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan sebagainya,” katanya.

BMKG juga mencatat 21 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang berpotensi terdampak curah hujan tinggi tersebut. Selain curah hujan tinggi, kata dia, tinggi gelombang laut di perairan utara Jawa Tengah diperkirakan mencapai 0,5 m hingga 2 m.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya