SOLOPOS.COM - Lampion di Jl. Jensud Solo rusak diterjang hujan badai. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Wilayah Kota Solo diprediksi memasuki musim penghujan mulai Januari 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jateng, Iis Widya Harmoko.

Saat ini BMKG Jawa Tengah sedang mengumpulkan data-data untuk mengetahui curah hujan di Kota Solo selama beberapa pekan terakhir sebagai indikasi masuk ke musim penghujan. Iis Widya Harmoko menjelaskan untuk menentukan suatu wilayah telah memasuki musim penghujan BMKG memantau curah hujan setiap dasarian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apabila, selama tiga dasarian telah memenuhi kriteria musim dilihat dari curah hujannya BMKG bisa menentukan sebagai musim penghujan. Sementara itu, hujan deras dan angin kencang menerjang Kota Solo sejak awal Desember 2019.

Angin kencang terjadi akibat perubahan tekanan udara secara mendadak atau hujan turun mendadak. Menurut Iis Widya Harmoko, pergantian musim kemarau ke musim penghujan cenderung selalu terjadi cuaca esktrem berupa hujan disertai angin kencang.

Dia memprediksi cuaca ekstrem di Kota Solo terjadi sampai pertengahan Desember 2019. Menurutnya, angin kencang di Kota Solo masih menunjukan masa transisi atau pancaroba yang merupakan perubahan angin timur yakni angin kemarau menuju angin barat yakni angin penghujan.

“Kalau dilihat kondisi angin sudah mulai stabil, kemungkinan hingga pertengahan Desember saja cuaca esktrem ini. Tapi cuaca esktrem tidak menentu, kadang terjadi terkadang tidak. Saat musim penghujan, hujan turun cenderung lama disertai petir tapi tanpa angin kencang,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, 11 Desember 2019.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, hujan deras dan angin kencang yang terjadi, Rabu (25/12/2019), menumbangkan belasan pohon di Kota Solo. Salah satu beringin raksasa di Alun-Alun Utara Solo tumbang akibat terhangan hujan badai. Selain itu, pohon tumbang di Jl. Slamet Riyadi Solo juga menimpa mobil wisatawan Kediri hingga penyok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya