SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya massa udara dingin dari Asia menjalar masuk ke wilayah Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan, dan massa udara basah dari Samudra Hindia memasuki perairan Barat Bengkulu, Selat Sunda, Lampung, Jawa, Bali, NTB hingga NTT.

Selain itu, adanya pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Selatan Jawa dan adanya beberapa sirkulasi angin yang dapat membentuk pola konvergensi/area pertemuan angin yang memanjang dari wilayah perairan barat Sumatera, Jawa hingga Laut Banda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Area pertemuan angin ini juga akan mendukung pertumbuhan awan hujan yang signifikan,” kata Deputi Bidang Metereologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, dalam saran persnya (17/1/2019) siang ini.

Pola angin Baratan yang kuat, lanjut Mulyono, mengindikasikan saat ini wilayah Indonesia memasuki puncak musim hujan.

“Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode beberapa hari ke depan di sekitar wilayah Indonesia,” jelas Mulyono sebagiamana dilansir Setkab.go.id.

Ia menyebutkan beberapa daerah yang berpotensi mengalmi hujan lebat diserta kilat/petir dan angina kencang itu antara lain: 1. Riau; 2. Kep. Riau; 3. Sumatera Barat; 4. Bengkulu; 5. Jambi; 6. Sumatera Selatan; 7. Bangka Belitung; 8. Lampung; 9. Banten; 10. DKI Jakarta; 11. Jawa Barat; 12. Jawa Tengah; 13. D.I. Yogyakarta; 14. Jawa Timur; 15. Bali; 16. NTB; 17. NTT; 18. Kalimantan Tengah; 19. Kalimantan Selatan; 20. Kalimantan Timur; 21. Sulawesi Selatan; 22. Sulawesi Tenggara; 23. Maluku; 24 Papua Barat; dan 25. Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya