SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang–Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padangpanjang, Sumatera Barat menyatakan gempa vulkanik berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Padang, Jumat (3/12), sekitar pukul 10.11 WIB tidak berpotensi tsunami.

Analis BMKG Padangpanjang, Dili ketika dikonfirmasi dari Padang, menyebutkan gempa berkekuatan 4,2 SR tak berpotensi untuk membangkitkan gelombang tsunami.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, meskipun kedalamannya 10 km dan pusat gempa berada pada 17 km timur laut Kota Padang, tak akan menimbulkan tsunami sehingga masyarakat tak perlu terlalu panik.

Gempa yang terjadi merupakan aktivitas pergeseran lempeng. Guncangan gempa untuk Kota Padang kekuatannya III-IV MMI dan di Padangpanjang II-III MMI.

Pihak BMKG mengimbau warga untuk tidak terlalu panik, apalagi harus mengungsi dari kawasan pantai karena gempa tak berpotensi tsunami.

Pemantauan di permukiman warga Kota Padang, pinggiran kota warga masih terlihat panik, bahkan ada yang menjemput anak-anak mereka dari sekolah.

Selain itu, sejumlah tenaga pengajar juga sudah pulang pascagempa karena para muridnya sudah pulang beberapa menit setelah merasakan gempa.

Seorang seorang guru SMP , Syafrideson mengatakan, siswa sudah pada pulang karena khawatir gempa, sehingga proses belajar mengajar tak dilanjutkan.

Guncangan gempa juga dirasakan warga di Pasaman Barat, namun tidak terlalu besar dirasakan dan membuat warga panik.

Pegawai Pemkab Pasaman Barat, Menrial ketika dihubungi membenarkan guncangan gempa dirasakan tetapi tidak terlalu kuat, namun yang dikhawatirkan adalah keluarga di Padang.

“Kami merasakan guncangan gempa tapi tak begitu membuat warga panik. Saya khawatir keluarga yang berada di Padang,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya