SOLOPOS.COM - Ombak tinggi di Pantai Kukup, Rabu (8/6/2016) pagi. (Foto Istimewa).

Kawasan Pantai Selatan diperkirakan akan kembali diterjang gelombang tinggi

Harianjogja.com, BANTUL–Kawasan Pantai Selatan diperkirakan akan kembali diterjang gelombang tinggi. Hal itu muncul pada peringatan dini yang dieluarkan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam peringatan itu, disebutkan bahwa sejak Minggu (4/6/2017) hingga Selasa (6/6/2017) mendatang, di kawasan laut selatan berpotensi mengalami peningkatan kecepatan angin disertai kenaikan gelombang yang cukup siginifikan.

Itulah sebabnya, BMKG DIY mengimbau kepada nelayan dan masyarakat yang biasa beraktivitas di sekitar pantai selatan agar meningkatkan kewaspadaannya.

Koordinator Operasional Pos Klimatologi BMKG DIY Joko Budiono menyebutkan, hingga tiga hari kedepan tinggi gelombang di selatan Jawa diprediksi akan mencapai ketinggian antara 2,5-4 meter. Kondisi itu dipengaruhi oleh adanya angin timuran yang berasal dari Australia dengan kecepatan mencapai 10-20 knot.

“Bagian-bagian yang ada di selatan DIY terdampaknya paling banyak di situ karena berhadapan dengan laut sehingga patut mewaspadai,” katanya kepada wartawan, Minggu (4/6/20).

Kondisi cuaca itu, menurut Joko, tidak terpengaruh dengan cuaca yang terjadi belakangan ini hingga mengakibatkan turunnya hujan di musim kemarau. Pasalnya, turunnya hujan yang terjadi di wilayah DIY itu diakibatkan belokan angin di bagian atas Jawa yang menimbulkan munculnya awan-awan hujan.

“Tapi beberapa hari ini belokan itu telah mulai hilang sehingga dalam waktu beberapa hari ke depan akan kembali normal,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya