SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerimis (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan, puncak hujan terjadi pada Januari mendatang. Meski begitu, angin kencang disertai hujan selama November masih perlu diwaspadai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dijelaskan Staff Data dan Informasi BMKG DIY Indah Retno Wulan, untuk wilayah Kota Jogja, Sleman, Kulonprogo dan Bantul, awal November ini sudah masuk musim penghujan. Namun, untuk musim hujan di wilayah Gunungkidul, BMKG memperkirakan masih terjadi pada 20 November mendatang.

“Rata-rata curah hujan untuk Jogja lebih dari 50 ml perdasarian. Padahal tahun lalu rata-rata curah hujannya mencapai 60-70 ml perdasarian,” jelas Retno saat dikonfirmasi Senin (5/11/2012).

Retno mengingatkan, meski curah hujan lebih kecil dibandingkan tahun lalu namun hingga akhir November nanti, masyarakat diminta tetap mewaspadai munculnya angin kencang dengan kecepatan rata-rata 35 km perjam. Alasannya, karena selama November masih terhitung masa pancaroba.

“Puncak musim hujan sendiri diperkirakan terjadi pada dasarian pertama dan kedua Januari 2013. Rerata curah hujannya mencapai 100 ml perdasarian. Bila dibandingkan tahun lalu rata-rata 210 ml, curah hujannya lebih kecil,” sambung Retno.

Sementara, Kepala Dinas  Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Toto Suroto menjelasakan, pihaknya terus melakukan pembersihan lumpur dan perbaikan saluran air (drainase) untuk mengantisipasi meluapnya air hujan dan mengurangi genangan air hujan di jalanan.

“Bila terjadi hujan lebat, lama genangan air hujan setelah hujan reda, terjadi antara 15 menit hingga 2 jam, setelah itu kembali surut,” jelas Toto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya