SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, BENGKULU — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu, Anang Anwar, mengatakan dari 345 gempa yang terjadi, masyarakat merasakan 16 kali gempa bumi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selama periode Januari hingga September 2022 kami mencatat 345 kali gempa bumi terjadi di Provinsi Bengkulu,” kata Anang, Senin (26/9/2022).

Kekuatan gempa di Bengkulu yang tercatat hingga September 2022 ini paling besar Magnitudo 6,5 dan terkecil M 2,0. Gempa yang dapat dirasakan masyarakat tergantung jarak, kedalaman, dan lokasi.

Dia mencontohkan kekuatan gempa M 3,0 dapat dirasakan masyarakat apabila lokasi gempa dekat, dangkal, dan terjadinya di darat. Gempa kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terus menerus sehingga mengurangi gempa besar di Bengkulu.

Baca Juga : Bengkulu Digoyang Gempa Magnitudo 6,5

Anang berharap masyarakat Provinsi Bengkulu tidak panik saat terjadi gempa bumi, namun tetap waspada. Selain itu, dia meminta masyarakat mencari informasi gempa kepada sumber yang benar seperti BMKG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan media yang telah terkonfirmasi.

“Provinsi Bengkulu memiliki potensi gempa dengan kekuatan maksimal Magnitudo 8,9 yang bisa memicu tsunami dengan ketinggian ombak mencapai 15 meter,” tuturnya.

Menurut dia, potensi gempa bumi tersebut akan terjadi ketika lempeng bumi yang berada di wilayah perairan Kabupaten Mukomuko dekat dengan wilayah perairan Kepulauan Mentawai Sumatera Barat itu pecah.

Baca Juga : Bangunkan Orang Tidur, Gempa Bengkulu Bermagnitudo 5,9

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya