SOLOPOS.COM - Foto dokumentasi efek cincin yang tampak saat terjadi gerhana matahari. (Antara-Reuters-Jonathan Ernst)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Stasiun Geofisika Banjarnegara akan menggelar pengamatan gerhana Matahari di Bukit Cinta Kemantren, Desa Kalilunjar, Banjarmangu, Jawa Tengah, Kamis (26/12/2019) pagi ini, mulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa (24/12/2019), mengajak warga menyaksikan bersama-sama fenomena alam tersebut.  Namun, ia juga mengingatkan publik untuk memperhatikan standar keselamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kendati demikian, kami mengingatkan lagi bahwa sangat tidak disarankan mengamati gerhana Matahari cincin tanpa kacamata khusus karena bisa merusak mata, sangat dianjurkan membawa kacamata khusus,” katanya.

Ia berharap cuaca di lokasi pengamatan akan cerah pada 26 Desember. “Tidak mendung, agar seluruh prosesnya dapat teramati dengan baik,” katanya.

Stasiun Geofisika Banjarnegara mengundang perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan organisasi lain untuk bersama-sama menyaksikan gerhana matahari. Gerhana matahari cincin terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi segaris, membuat matahari terlihat seperti piringan gelap dengan cincin cahaya di sekelilingnya.

Setyoajie menjelaskan saat gerhana matahari berlangsung, ada dua bayangan bulan yang terbentuk, yakni antumbra dan penumbra. “Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati berupa gerhana matahari cincin, sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana Matahari sebagian yang akan teramati,” katanya, menambahkan, waktu puncak gerhana akan berbeda-beda di setiap daerah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya