SOLOPOS.COM - Tangkapan layar prakiraan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG di Jateng. (BMKG Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang diprakirakan mengalami status siaga cuaca ekstrem atau hujan lebat mulai Selasa-Rabu (15-16/3/2022) pagi. Dari kelima daerah itu salah satunya berada di wilayah eks-Keresidenan Surakarta atau Soloraya.

Kelima wilayah yang diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem dengan status siaga itu yakni Brebes di daerah Tonjong, Bantarkawung, Bumiayu, Tonjong, Paguyangan, dan Sirampog. Kemudian wilayah Cilacap yang meliputi Bantarsari, Kawunganten, Gandrungmangu, Karangpucung, Jeruklegi, Kesugihan, dan Cilacap Utara.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kemudian Banyumas yang meliputi wilayah Lumbir. Tegal mencakup wilayah Margasari, Balapulang, dan Bumijawa. Sementara di Pemalang, cuaca ekstrem atau hujan dengan intensitas tinggi diprakirakan mengguyur wilayah Comal, Ampelgading, dan Petarukan. Sedangkan di Soloraya, status siaga cuaca ekstrem atau cuaca berbasis dampak hujan lebat diprakirakan terjadi di Klaten yang mencakup wilayah Delanggu, Polanharjo, Ceper, Karanganom, Pedan, Ngawen, dan Tulung.

Baca juga: BMKG Tetapkan 2 Wilayah Jateng Siaga Cuaca Ekstrem Minggu Ini

Prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat ini berlaku mulai Selasa (15/3/2022) pukul 07.00 WIB hingga Rabu (16/3/2022) pukul 07.00 WIB.

Selain lima daerah yang diprakirakan berstatus siaga cuaca ekstrem, BMKG juga memprakirakan hampir seluruh wilayah di Jateng mengalami cuaca ekstrem dengan status waspada. Sejumlah wilayah berstatus waspada itu antara lain Kota Tegal, Banjarnegara, Kebumen, Pekalongan, Purbalingga, Batang, Kendal, Temanggung, Semarang Raya, Grobogan, dan beberapa wilayah di Soloraya.

Selama cuaca ekstrem, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya berbagai dampak yang ditimbulkan seperti longsor, volume aliran sungai yang meningkat dan menyebabkan banjir, dan lain-lain.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jateng Maret 2022, BMKG: Waspada Hujan & Angin Kencang

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial terkait cuaca, dan tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya