SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memproyeksikan sebanyak 13 wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada 17 November-19 November 2009.

Wilayah tersebut, yaitu pesisir Barat Sumatera, pesisir Timur Sumatera bagian Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumut, Sumbar, Riau dan Kep. Riau, Sumatera bagian Selatan, Banten dan Jabodetabek dan Jawa Barat.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Selanjutnya, Jawa Tengah bagian Barat, Utara dan Selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan bagian Utara dan Barat, Maluku bagian Utara dan Tengah, Papua Barat dan Papua Tengah.

Adanya aktivitas daerah tekanan rendah di Laut Cina Selatan dan perairan sebelah Utara Maluku membentuk daerah pumpunan awan yang memanjang dari Laut Jawa, Kalbar hingga Kalteng.

Suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia masih cukup hangat, sehingga masih memberikan suplai uap air yang cukup bagi wilayah – wilayah di sekitarnya.

Selain itu, kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia cukup besar atau lebih dari 60%. Kondisi-kondisi� tersebut memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian Barat, Utara dan Tengah.

Perlu juga diperhatikan adanya aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal, dimana hal tersebut akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.(Bisnis Indonesia/JIBI/Sylviana Pravita R.K.N.)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya