SOLOPOS.COM - Tri Rismaharini saat perkenalan calon menteri. (Biro Pers Setpres - Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Aksi blusukan yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta menuai pro dan kontra publik. Maklum saja, aksi Risms itu selalu bisa dipantau warga dunia maya, Internet, karena selalu diunggah di media sosial resmi.

Pada Senin (4/1/2021), mantan Wali Kota Surabaya itu mendatangi kawasan Jalan Sudirman-Thamrin. Ia digambarkan menemui tuna wisma.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aksi yang dilakukan Risma ini lantas ramai menuai komentar publik di jagad Twitter. Maklum saja, publik juga tahu bahwa aparatur Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta selama ini cukup rajin menanganan pengemis, gelandangan, dan orang telantar di wilayah itu.

Jangan Lengah! Zodiak Ini Tidak Boleh Diprovokasi

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring turut mengomentari aksi blusukan Mensos Risma tersebut. Menurutnya, seorang Mensos seharusnya membenahi data penerima bansos yang lebih prioritas ketimbang aksi blusukan.

"Menurut saya, membenahi data penerima bansos ini lebih prioritas dilakukan Mensos ketimbang blusukan. Banyak keluhan masyarakat soal akurasi data penerima bansos. Usul aja bu...," cuit Tifatul Sembiring melalui akun @tifsembiring.

Bukan hanya itu, aksi Risma juga menuai banyak komentar di media sosial hingga sejumlah netizen menganggap hanyalah pencitraan semata. Akun @SyaikhuMochtar misalnya, yang mengungkapkan bahwa rakyat tidak membutuhkan pencitraan.

Ingin Jual Properti di Masa Pandemi, Perhatikan Tips 

"Bu Risma mohon jika tidak mampu mengemban amanah sebagai mensos, lebih baik pulang ke Surabaya. Rakyat tidak butuh pencitraan," cuit pengguna akun @SyaikhuMochtar.

Sementara itu, akun @Fachrezzy16_ meminta agar blusukan Mensos Risma bisa dilakukan ke provinsi lain. "Indonesia punya 34 Provinsi, bukan hanya provinsi DKI. Tolonglah blusukan ke provinsi lain yang jauh dari sorotan media," cuit pengguna akun @Fachrezzy16_.

Sama halnya dengan cuitan lain, dengan mengunggah foto pemberitaan, akun Twitter @fktmb mencuitkan bahwa Risma harus melakukan aksi blusukan ke kota Malang, di mana kota tersebut memiliki penduduk miskin mencapai 38.000 jiwa.

Vaksin Covid-19 Datang, 2.785 Vaksinator Jateng Siap

"Bu Mensos perlu blusukan ke Malang nih, biar fokusnya tidak cuma di Jakarta, kasian rakyat miskin yang lain perlu perhatian," cuit pengguna akun @fktmb.

Lain halnya dengan kubu lain yang mendukung aksi blusukan mantan Wali Kota itu, seperti yang dicuitkan pengguna akun @LidiaNusantara.

"Bu Mensos blusukan pada nyengir semua. Emang tugas Mensos ya gitu. Bu Risma itu emang orangnya kagak bisa diem, dari Surabaya udah gitu. Gak tegaan orangnya. Ini gambaran pemimpin sesungguhnya. Semangat bu Risma," cuit pemilik akun @LidiaNusantara.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya