Blusukan ke Pasar Gede Solo, Gibran Cukur Rambut, Lho Kenapa?
Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mencukur rambut bersama warga lingkungan Pasar Gede Solo pada Sabtu (12/9/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, blusukan ke Pasar Gede, Solo, pada Sabtu (12/9/2020) pagi, sembari cukur rambut.

Putra Presiden Joko Widodo itu mencukur rambutnya dalam acara bakti sosial yang digelar oleh Solidaritas Merah Putih (Solmet) dan Lions Club Solo Victory.

GibranĀ  saat dijumpai wartawan mengatakan baru pertama kali cukur rambut di kawasan Pasar Gede Solo. Dia mencukur rambut bersama para warga yang mengikuti cukur rambut gratis.

Tragis, Siswi SMA Diperkosa 8 Pemuda Mabuk di Kebun Karet Jember

"Sama saja mau cukur rambut di pasar atau di salon. Kalau laki-laki hasil cukur rambut itu sama saja. Yang terpenting, kegiatan pembagian sembako, kursi roda, dan cukur rambut gratis ini bermanfaat bagi masyarakat," ujar Gibran.

Dalam kesempatan itu, Gibran menyampaikan persiapan menuju Pemilihan Wali Kota Solo pada akhir tahun ini. Dia mengaku masif mengadakan blusukan door to door.

Dia menyebut blusukan dari rumah ke rumah itu sebagai keharusan di tengah pandemi. Apalagi, pengumpulan massa dalam kondisi saat ini cukup riskan. Lantaran itu, kegiatan bakti sosial termasuk berbagi sembako langsung ke rumah lebih aman tanpa pengumpulan massa.

Cerita Ojol Dihukum Bersihkan Sungai Gegara Tak Pakai Masker di Solo: Malunya Minta Ampun!

Menggandeng Komunitas

Rupanya kegiatan Gibran blusukan itu salah satunya untuk berbagi di tengah pandemi. Dia juga tidak blusukan sendiri.

"Sudah hampir seluruh lokasi di setiap kelurahan terkaver. Rata-rata dalam sehari 10 lokasi saya kunjungi, berbeda-beda kelurahan. Kalau menyerap aspirasi sudah sebelum rekomendasi, kalau saat ini lebih fokus pada kegiatan kemanusiaan. Nanti siang saya bersama Perkumpulan Masyarakat Surakarta [PMS], Bapak Sumartono Hadinoto," imbuh Gibran.

Ketua Umum Ketua Umum Solidaritas Merah Putih, Silvester Matutina, mengatakan Solmet menggandeng Brabus Indonesia, Yayasan CEO Indonesia, dan Lions Club Solo Victory untuk menggelar bakti sosial. Acara cukur gratis yang diikuti Gibran menjadi bagian bakti sosial itu.

28.772 Pelaku Usaha Karanganyar Lolos Verifikasi Penerima Bantuan Modal

Menurut dia, Solmet sejak awal fokus pada bidang sosial seperti pembagian kursi roda, bagi-bagi ratusan sembako, serta cukur rambut gratis. Kegiatan ini untuk membantu masyarakat sekitar Pasar Gede di tengah pandemi seperti saat ini.
"Kemarin sudah kami berikan kupon untuk mengambil sembako. Jadi bantuan tepat sasaran. Lalu, kami memiliki program 1.000 kursi roda," papar dia.

Sementara itu, Presiden Lions Club Solo Victory, Hollie Ari, mengatakan sebagai club Lions paling muda, para anggotanya fokus pada bidang bakti sosial. Ia menjelaskan ada seratusan kupon untuk pengambilan sembako Pasar Gede.

"Seluruh penerima bantuan merupakan kalangan Pasar Gede," papar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom