SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi),(Dok/JIBI/Solopos)

Joko Widodo (Jokowi), Gubernur DKI Jakarta (Dok/JIBI/Solopos)

Joko Widodo (Jokowi), Gubernur DKI Jakarta (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO Gaya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dengan blusukannya ternyata menghabiskan anggaran tak sedikit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) merilis anggaran blusukan Jokowi di tahun 2013 mencapai Rp 26,6 miliar.  Jika dibagi per hari, maka anggaran blusukan Jokowi-Ahok mencapai Rp74 juta, sehingga masing-masing mendapat alokasi anggaran Rp37 juta.

“Anggaran blusukan Jokowi atau belanja penunjang operasional tahun 2013 sebesar Rp 26,670 miliar per tahun,” kata Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra, Uchok Sky Khadafi, Sabtu (20/7/2013) malam, sebagaimana dikutip laman Detik

Anggaran tersebut lanjut Uchok, diambil dari belanja penunjang operasional APBD 2013. Anggaran penunjang operasional ini lebih besar dibanding era Fauzi Bowo (Foke).

“Anggaran blusukan Foke pada tahun 2012 hanya sebesar Rp 17,640 miliar,” sebutnya.

Uchok mengkritik besarnya anggaran yang tidak diikuti dengan hasil dari kunjungan lapangan. Uchok menganggap blusukan Jokowi sekadar menghabiskan anggaran.

“Untuk membenahi Jakarta bukan dengan cara blusukan, tetapi dengan benahi itu birokrasi, tata dengan baik para aparat birokrasi, dan ajarkan aparat Pemda itu melayani rakyat dengan Tulus, tanpa embel-embel apapun termasuk melakukan pungli kepada rakyat,” kritiknya sinis.

Dimintai konfirmasi mengenai hal ini, Jokowi mengatakan tak menghabiskan banyak anggaran untuk blusukan.  “Blusukan nggak ada anggaran, cuma modal jalan kaki. Kalau nggak pengen jalan kaki ya nggak usah blusukan,” kata Jokowi usai menyapa warga di sekitar rumah dinasnya di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya