Tutup Iklan

Blusukan Gang Sempit Solo Temui UMKM, Airlangga Hartarto Didoakan Jadi Presiden

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto blusukan ke gang sempit wilayah Serengan, Solo, guna menemui pelaku UMKM.

 Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, blusukan di gang sempit RT 003/RW 008 Kelurahan Jayengan, Serengan, Solo, Kamis (23/9/2021). (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, blusukan di gang sempit RT 003/RW 008 Kelurahan Jayengan, Serengan, Solo, Kamis (23/9/2021). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, blusukan gang sempit di RT 003/RW 008 Kelurahan Jayengan, Serengan, Solo, Kamis (23/9/2021) sore. Ia dampingi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ada juga sejumlah politikus Partai Golkar baik tingkat Jawa Tengah (Jateng) maupun Kota Solo. Pantauan Solopos.com, Airlangga menyusuri gang selebar lebih kurang dua meter sembari berdialog dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Mulai dari pedagang roti bakar, timus, burger, ledre, dan aneka jajanan tradisional lain. Momentum tersebut dimanfaatkan pada pedagang untuk menyampaikan keluhan mereka terkait penurunan omzet selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ke Jakarta, Wali Kota Solo Gibran bakal Lewatkan Pembukaan Liga 2 di Stadion Manahan

Seperti disampaikan pengusaha minuman Putri Solo segar asal Baluwarti, Pasar Kliwon, Harum Dwi Saktiyana. Saat berbincang dengan Airlangga Hartarto yang tengah blusukan di Solo itu, ia mengungkapkan turunnya omzet selama pandemi Covid-19 karena sepinya bisnis pariwisata.

Bagi Harum, ramai atau sepinya sektor pariwisata sangat mempengaruhi omzet usahanya. Sebab selama ini banyak di antara pembeli produknya merupakan wisatawan yang berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelaku UMKM, Airlanga pun memborong produk para pelaku UMKM yang sore itu digelar di gang tersebut. Kegiatan blusukan Airlangga Hartarto di Solo itu sempat diwarnai ungkapan doa agar dia menjadi Presiden RI.

Baca Juga: Jan Ethes Ternyata Suka Sepak Bola, Apa Klub Favoritnya?

Potensi UMKM

Tepatnya ketika Airlangga menyapa sejumlah ibu rumah tangga yang sedang berkumpul menyaksikan kedatangannya. Setelah berbincang sesaat dan menanyakan kabar, salah seorang ibu-ibu, mendoakan Airlangga menjadi Presiden.

“Semoga Pak Airlangga jadi Presiden,” ungkap Ida Armala, 42. Kepada para wartawan ia menilai sosok Airlangga sebagai pribadi yang santun dan mengayomi kepada para pengusaha kecil. Ida juga mengaku bukan kader dari Partai Golkar.

Ida hanya melihat Airlangga sebagai sosok yang layak untuk menjadi pemimpin Indonesia ke depan. “Bukan, saya bukan kader Partai Golkar. Saya warga biasa. Semoga Pak Airlangga kelak jadi presiden,” kata pedagang martabak itu.

Baca Juga: Tak Pandang Domisili, Vaksinasi Covid-19 Pelajar SMP-SMA Solo Capai 77 %

Sementara politikus Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, menolak berkomentar ihwal blusukan Airlangga Hartarto di Solo itu terkait agenda nyapres pada Pilpres 2024. Ia merasa tak layak berkomentar tentang hal itu. “Oh itu masa nanyanya ke saya,” ujarnya.

Agus menjelaskan kedatangan Airlangga ke Solo terkait kapasitasnya sebagai pembina UMKM usaha. “Ini perdana, mulai dari Solo. Ke depan kita lihat lagi daerah-daerah mana lagi. Bagaimana potensi UMKM lebih cepat pulih,” terangnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.