Blusukan Bareng ke Pasar Klithikan Solo, Ini Saran Ganjar untuk Gibran Jelang Debat Publik
Ganjar Pranowo blusukan Pasar Klitikan Notohardjo Solo dengan Gibran Rakabuming Raka, Jumat (6/11/2020). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, blusukan ke Pasar Klithikan Notohardjo Solo bersama cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (6/11/2020) siang.

Mereka melihat-lihat aktivitas perdagangan di pasar itu yang belakangan lesu atau mengalami penurunan omzet karena terdampak pandemi Covid-19. Sebelum blusukan pasar, mereka menyempatkan diri sarapan atau makan bersama di Warung Soto Gading.

Saat diwawancara wartawan seusai blusukan, Ganjar mengaku sudah lama berkomunikasi dengan Gibran melalui aplikasi WhatsApp (WA). Tapi baru kali ini dia bisa datang ke Solo untuk bertemu dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Jangan Panik Dulu, Berikut Tanda Kelelahan Pertanda Covid-19 atau Bukan

Selama bertemu dengan Gibran, Ganjar yang mengaku cuti selama satu hari itu berbincang banyak hal terkait agenda pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu pun Gibran mengusulkan digelar event khusus untuk menghidupkan kembali perekonomian warga.

“Ada ide bagus dari Mas Gibran untuk menggerakkan perekonomian. Gawe event, idenya. Ini bagus. Maka nanti langsung saja dari paguyuban membuat lomba, kita kasih hadiah untuk merangsang orang ke pasar. Sehingga bisa menggerakkan ekonomi,” ujar dia.

Ganjar menilai Solo memiliki sangat banyak potensi yang bisa didorong untuk menggerakkan perekonomian.

Rekonstruksi Penganiayaan Tahanan hingga Meninggal di Polres Klaten Ungkap Fakta Ini

Caranya bisa dengan berbagai cara, termasuk seperti yang dia lakukan, yaitu membantu berjualan barang dagangan warga di Instagramnya.

“Saya jualan juga di IG saya. Bisa juga dengan jualan atau pameran seperti virtual expo. Produk dari Solo sudah banyak. Bila juga bisa dilakukan dari Solo sendiri tentu akan mempercepat bergeraknya perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19,” urai dia.

Memberdayakan Anak Muda Kreatif

Menurut Ganjar sempat meminta dua hal kepadanya terkait visinya membangun Solo. Yang pertama Gibran meminta dukungan untuk disediakannya co working space di Solo sebagai upaya merangsang perekonomian dengan memberdayakan anak muda kreatif.

Yang kedua, Gibran meminta dukungan Ganjar terkait rencananya membangun sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo.

Hari Pahlawan, Guru dan Nakes Gratis Naik KA di Tanggal Ini

Ihwal agenda Debat Publik Pilkada Solo yang akan digelar Jumat malam, Ganjar menyarankan Gibran agar menyiapkan mental pemenang.

“Haru menyiapkan mental kemenangan. Mental menang itu mesti tenang, tahu persoalan, bisa responsif komunikasinya. Ya kayak tadi guyon-guyon, bagus. Saya sudah lama kontak-kontakkan [dengan Gibran]. Tapi baru ini ada kesempatan,” terang dia.

Sedangkan Gibran Rakabuming mengakui mendapat beberapa tips dan nasihat dari Ganjar terkait agenda debat publik Jumat malam.

“Tadi Pak Ganjar menyarankan saya untuk santai saja pas debat. Dibawa santai. Mudah-mudahan lancar semua,” harap dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom